get app
inews
Aa Read Next : Daftar 10 Kota Terkaya di Dunia, Ada New York hingga Sidney

Inilah 7 Konglomerat Dunia Paling Hemat, Nomor 2 Pilih Tinggal di Rumah Seharga 7 juta Dolar

Sabtu, 04 Maret 2023 | 11:00 WIB
header img
Bos Facebook, Mark Zuckerberg. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Kehidupan para konglomerat dunia atau miliarder kerap menjadi sorotan publik. Tapi, siapa sangka kehidupan deretan konglomerat ini jauh dari kata mewah dan memiliki kebiasaan hemat seperti rakyat jelata.

Mengutip High Target, berikut ini 7 konglomerat dunia paling hemat:

1. Warren Buffett

Sebagian besar miliarder suka mengubah rumah mereka dari waktu ke waktu. Tetapi Warren Buffett, masih tinggal di rumah di Omaha, yang dibelinya hanya seharga 31.500 dolar AS pada 1958.

Rumah ini terdiri dari lima kamar tidur, dua kamar mandi, dan luasnya 6.570 kaki persegi. Sekarang, rumah ini bernilai lebih dari 650.000 dolar AS.

Karyawan Warren Buffett mengungkapkan bahwa meskipun menjadi miliarder, dia tidak membawa satu pun ponsel serta tidak ada komputer yang diletakkan di atas mejanya di kantor. Buffet juga memiliki diet ringan terencana. Dia minum lima gelas Coca-Cola dan dua keripik kentang dalam sehari.

2. Mark Zuckerberg

Pemilik Meta, Mark Zuckerberg, mengendarai mobil sederhana bernama Volkswagen GTI dengan transmisi manual. Nilai mobil ini tidak lebih dari 30.000 dolar AS. Mark Zuckerberg juga pernah kedapatan makan di McDonald's bersama istrinya beberapa kali.

Dia juga kerap mengenakan kaos dan jeans sederhana selama kerjanya di kantor. Meski bisa tinggal di rumah bernilai miliaran dolar AS atau tidur di ranjang mewah, Zuckerberg memilih tinggal di rumah sederhana seharga 7 juta dolar AS.

3. Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu adalah tipe pria sederhana, yang suka menyetir sendiri dengan Mercedez Benz lamanya berkeliling kota tanpa sopir. Dia biasa datang ke kantornya dengan mobil yang sama. 

Carlos juga tinggal lebih dari 40 tahun di rumah yang sama, yang hanya memiliki enam kamar tidur. Dia membesarkan anak-anaknya dan kemudian cucu di rumah yang sama.

Carlos tidak menyukai kehidupan mewah seperti membeli jet pribadi untuk perjalanan bisnis atau membeli Ferrari untuk pergi ke kantor.

4. Charlie Ergen

CEO Dish Network Charlie Ergen adalah orang yang sangat hemat sehingga dia membawa tempat makan siang cokelat tuanya ke kantor. Bekalnya berisi sandwich dan makanan yang dimasak istrinya setiap hari. Charlie juga tidak segan-segan tidur bersama rekan-rekannya di satu kamar hotel selama perjalanan bisnis.

Alasan berhemat yang luar biasa dari pria hebat ini adalah latar belakang keuangannya ketika dia berusia tujuh tahun. Charlie adalah salah satu yang menjadi miliarder berkat usaha sendiri.

5. Azim Premji

Pengusaha penyedia layanan teknologi paling sukses di India, Azim Premji memiliki banyak kebiasaan hemat. Dia adalah salah satu orang terkaya di India, namun sangat hemat, di mana dia memilih naik TukTuk dari bandara ke rumahnya di Bangalore.

Terlepas dari statusnya sebagai pengusaha yang hebat, dia tidak pernah bepergian menggunakan kelas bisnis dan tidak pernah membeli mobil mewah. Apalagi untuk perjalanan lokal, dia menggunakan mobil bekas. Sepanjang hidupnya, dia tidak menghabiskan banyak uang untuk dirinya sendiri.

Menurut sumber, Azim meminta karyawannya mematikan lampu untuk menghemat listrik di penghujung hari. Secara keseluruhan, Azim suka hidup sederhana.

6. Amancio Ortega

Amancio Ortega, yang merupakan CEO Zara, masih hidup hemat. Padahal dengan kekayaannya yang sangat besar, dia bisa saja tinggal di rumah luas dan mewah di dunia ini, tetapi dia memilih tinggal di apartemen.

Ortega pernah menghabiskan waktu istirahatnya dengan karyawannya di kedai kopi dan juga menikmati kebersamaan dengan karyawannya. Sama seperti Mark Zuckerberg, Amancio juga memakai pakaian yang sering sama, yakni kemeja putih, blazer biru, dan celana abu-abu setiap hari.

7. David Cheriton 

David Cheriton adalah seorang konglomerat yang suka menabung untuk urusan apa pun, salah satunya makanan. Dia berpikir makanan menjadi sumber pemborosan uang. Jadi setiap kali membeli makanan dari restoran mahal, dia akan menyimpan makanannya untuk hari berikutnya.

Selain itu, dia juga suka memakai pakaian sederhana serta menggunakan sepeda untuk pergi ke kantornya daripada menggunakan mobil mahal. Setiap kali ada kebutuhan akan kendaraan, dia menggunakan sedan Honda atau Volkswagen tuanya. 

Salah satu kebiasaan berhemat yang paling populer dari miliarder ini adalah dia menggunakan kembali kantong tehnya alih-alih membuangnya.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul 7 Konglomerat Dunia Paling Hemat, Ada yang Bawa Bekel hingga Naik Sepeda ke Kantor

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut