get app
inews
Aa Read Next : Kasus Penipuan PPDS FK USU, Polisi Dalami Aliran Uang dan Periksa Orang Terdekat Tersangka

Nyamar Jadi Kepala Unit Buser, Polisi Gadungan Ini Tipu Warga sampai Rp120 Juta

Jum'at, 13 Januari 2023 | 16:00 WIB
header img
Ilustrasi penangkapan. (Foto: Istimewa)

MATARAM, iNewsMedan.id - Sejumlah warga menjadi korban penipuan oleh polisi gadungan di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pria berinisial SM (40) itu bahkan meraup untung senilai ratusan juta rupiah.

Kepala Satreskrim Polresta Mataram Kompol Kadek Adi Budi Astawa mengatakan dalam menjalankan aksinya, pelaku asal Labuapi, Kabupaten Lombok Barat menggunakan dengan nama samaran Yoyok alias Erik.

"Sekarang yang bersangkutan sudah diamankan di kantor untuk pemeriksaan lebih lanjut," ucap Kadek Adi, Kamis (12/1/2023).

Dari hasil pemeriksaan terungkap bahwa SM ini seorang aparatur sipil negara yang kini terancam dipecat karena berstatus residivis. Dalam kasus penipuan ini, SM menyamar sebagai Kapala Unit Buser Polresta Mataram dengan pangkat ajun komisaris polisi (AKP). SM tercatat melancarkan aksinya kepada sejumlah korban dengan beragam tipu muslihat.

Pertama, korban bernama Sri Yuanita asal Perumnas, Kota Mataram. Pelaku menawarkan pembelian barang sitaan polisi kepada korban dengan nominal Rp41 juta.

"Untuk membuat korban yakin, pelaku ini menunjukkan pistol korek api dan berpakaian layaknya seorang 'buser' dengan mengenakan sepatu PDH Polri," ujarnya.

Kemudian ada korban lain bernama Wulan yang terjebak dalam siasat pelaku dengan kerugian Rp120 juta. Pelaku mendapatkan uang tersebut setelah menjanjikan kelulusan anak korban dalam tes pegawai BNN.

"Korban (Wulan) statusnya sudah mengirim uang via transfer ke rekening bank milik pelaku senilai Rp120 juta," katanya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut