get app
inews
Aa Read Next : Kadis Kesehatan Deliserdang: Olahraga Pondasi Kesehatan

5 Manfaat Minum Air Hangat bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 1 Dapat Redakan Hidung Tersumbat

Rabu, 11 Januari 2023 | 11:00 WIB
header img
Ilustrasi Minum air hangat. (Foto: Reuters)

1. Dapat redakan hidung tersumbat

Secangkir air panas menghasilkan uap. Memegang secangkir air panas dan menghirup uap secara lembut dan dalam-dalam dapat membantu melonggarkan sinus atau hidung yang tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala akibat sinus. Karena Anda memiliki selaput lendir di seluruh sinus dan tenggorokan, minum air panas dapat membantu menghangatkan area tersebut dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

Menurut penelitian pada 2008, minuman panas, seperti teh, memberikan kelegaan yang cepat dan bertahan lama dari pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan. Minuman panas lebih efektif daripada minuman yang sama pada suhu kamar.

2. Lancarkan pencernaan

Air minum membantu menjaga sistem pencernaan tetap bergerak. Saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh lebih mampu menghilangkan limbah yang ada.Beberapa orang percaya, minum air panas sangat efektif untuk mengaktifkan sistem pencernaan. Teorinya adalah air panas juga dapat melarutkan dan menghilangkan makanan yang dimakan dan mungkin sulit dicerna oleh tubuh.

Dalam penelitian pada 2016 menunjukkan, air hangat memiliki efek menguntungkan pada pergerakan usus dan pengeluaran gas setelah operasi. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan manfaat tersebut.

3. Tingkatkan fungsi sistem saraf pusat

Tidak mendapat asupan air putih yang cukup, baik panas atau dingin, dapat berdampak negatif pada fungsi sistem saraf, yang pada akhirnya memengaruhi suasana hati dan fungsi otak. Penelitian dari 2019 menunjukkan air minum dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat, serta suasana hati. Penelitian ini menunjukkan air minum meningkatkan aktivitas otak partisipan selama aktivitas yang menuntut dan juga mengurangi kecemasan.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut