get app
inews
Aa Read Next : HKN ke-59, Dinkes Sumut Upaya Penyelesaian Empat Masalah Kesehatan Utama 

5 Cara Mudah Menurunkan Darah Tinggi secara Alami, Nomor 1 Mengurangi Berat Badan

Sabtu, 24 Desember 2022 | 20:00 WIB
header img
Ilsutrasi darah tinggi. (Foto: Freepik)

MEDAN, iNewsMedan.id - Cara mudah menurunkan darah tinggi secara alami ini perlu diketahui. Darah tinggi biasa disebut hipertensi. Kondisi ini dialami saat tekanan darah meningkat hingga lebih dari 130/80mmhg.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah tinggi, antara lain: usia lanjut, faktor keturunan atau memiliki keluarga kandung dengan riwayat tekanan darah tinggi, jarang berolahraga atau memiliki berat badan berlebih (obesitas), dan sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, termasuk banyak mengonsumsi garam.

Adapula penyebab lain tekanan darah naik karena penyakit tertentu, seperti diabetes, penyakit ginjal, gangguan tiroid, dan apnea tidur. Untuk itu, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dapat mempengaruhi menurunkan tekanan darah.

Lantas, bagaimana cara mudah menurunkan darah tinggi secara alami? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Mengurangi berat badan

Kelebihan berat badan kerap menjadi kunci masalah kesehatan. Kelebihan berat badan dapat membuat jantung bekerja lebih keras dan mengakibatkan hipertensi. Oleh sebab itu, memangkas berat tubuh adalah salah satu cara efektif untuk mengendalikan dan menurunkan tekanan darah.

Menjalani pola makan sehat

Mengonsumsi makanan sehat, seperti biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, dan produk olahan susu rendah lemak, serta mengurangi asupan lemak jenuh dan kolesterol, dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, konsumsi pula makanan yang mengandung kalium, seperti pisang, kentang, jeruk, wortel, anggur, dan bayam. Hal ini karena kalium merupakan salah satu nutrisi yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Rekomendasi asupan kalium yang perlu dicukupi adalah sekitar 4.500 hingga 4.700 mg per hari.

Membatasi konsumsi garam

Sodium (natrium) banyak terkandung dalam garam, baik itu garam pada masakan, camilan, makanan kaleng, maupun minuman ringan. Jika jumlah sodium di dalam tubuh berlebihan, tekanan darah pun akan meningkat.

Maka dari itu, penderita hipertensi dianjurkan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam atau menjalani diet rendah garam. Perlu diketahui konsumsi sodium bagi orang dewasa sebanyak 1.500–2.000 mg per hari.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut