get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Mudah Mengecek Lokasi Pasangan Melalui WhatsApp

Apa Saja Dampak Negatif Gara-Gara Keseringan Masturbasi? Berikut Ulasannya

Sabtu, 17 Desember 2022 | 20:00 WIB
header img
Ilustrasi masturbasi. (Foto: Slate)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas sejumlah dampak negatif gara-gara keseringan masturbasi. Meski begitu, masturbasi merupakan pilihan pribadi, baik bagi pria dan wanita untuk memeroleh kenikmatan dan kepuasan seksual melalui rangsangan yang disengaja.

Sepanjang tidak berlebihan, masturbasi sah-sah saja dilakukan. Apalagi bila tindakan ini dilakukan bersama pasangan. Namun, keseringan masturbasi bisa berdampak negatif.

Berikut dampak negatif gara-gara keseringan masturbasi dilansir Times Of India:

1. Ada Luka Bagian Intim

Masturbasi berlebihan bahkan bisa melukai Anda. Padahal lukanya bisa ringan seperti kulit vagina dan penis yang mengelupas.

Jika luka parah tertentu bahkan bisa menyebabkan penyakit Peyronie, yang berarti penumpukan plak di batang penis akibat dibelai berlebihan. Jadi, jika Anda menyakiti diri sendiri, Anda harus membatasi frekuensinya.

2. Stres

Masturbasi berlebihan juga dapat memengaruhi kehidupan sosial Anda. Melakukannya terlalu sering berdampak negatif pada kesehatan mental Anda. Salah satunya sering alami stres.

3. Susah Alami Orgasme

Terlalu banyak masturbasi dapat membuat sulit mencapai orgasme saat berhubungan seks jika tubuh terbiasa dengan rangsangan di tempat-tempat tertentu yang kemudian dapat diabaikan selama hubungan seksual.

4. Perasaan bersalah

Keseringan masturbasi berpotensi memicu stres dan penurunan produktivitas. Serta terjadinya penurunan kualitas dalam berhubungan seksual dengan pasangan.

5. Kanker Prostat

Salah satu dampak buruk dari keseringan masturbasi adalah risiko terkena kanker prostat pada pria. Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa laki-laki berusia di bawah 50 tahun, insidensi kanker prostat lebih tinggi ditemukan pada orang yang sering melakukan masturbasi.

Sayangnya, hubungan di antara kedua kondisi ini belum diketahui pasti. Sebab, ada penelitian lain yang menyebutkan lelaki di atas 50 tahun, insidensi kanker prostat lebih rendah ditemukan pada mereka yang sering melakukan masturbasi.

Ada dugaan kalau produksi hormon androgen yang tinggi bisa meningkatkan risiko kanker prostat, hormon inilah yang mengatur hasrat seksual. Dengan kata lain, risiko kanker prostat ini akan lebih tinggi orang yang memiliki hormon androgen berlebih, kondisi tersebut dapat ditentukan dari aktivitas seks yang tinggi salah satunya masturbasi yang berlebih.

Artikel ini telah terbit di halaman Okezone dengan judul 5 Dampak Negatif Gara-Gara Keseringan Masturbasi, Apa Saja?

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut