get app
inews
Aa Read Next : 6 Rumah di Medan Hangus Terbakar, Tak Ada Korban Jiwa

Kota Medan Diguyur Hujan Terus Menerus, Ini Penjelasan BMKG 

Senin, 12 Desember 2022 | 12:00 WIB
header img
Kota Medan Diguyur Hujan Terus Menerus, Ini Penjelasan BMKG (Foto: Ilustrasi/Ist)

MEDAN, iNewsMedan.id- Sejak Jumat (9/12/2022) lalu,  hujan dengan durasi yang cukup panjang terjadi di Kota Medan dan sekitarnya. Intensitas curah hujan sendiri terjadi mulai skala ringan sampai sedang. 

 Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I mengatakan fenomena ini terjadi karena adanya gangguan sirkulasi siklonik di wilayah Sumatra Utara.

Forecaster BBMKG Wilayah I Medan Christine Matondang menjelaskan, sirkulasi siklonik adalah pusaran angin yang membawa uap air untuk dibentuk menjadi awan. Dia juga menjelaskan, durasi hujan juga didukung oleh aktifnya sirkulasi MGO atau massa udara basah, di sekitar Wilayah Sumut.

“Gangguan sirkulasi siklonik masih terbentuk di Wilayah Sumatra Utara, tepatnya di wilayah Barat Kalimantan, Barat Laut Aceh dan Pantai Barat Sumut,” kata Christine, Minggu  (11/12/2022) sore.

BBMKG Wilayah I Medan juga lanjut Christine Matondang memrediksi, hujan dengan durasi panjang akan terjadi hingga dua sampai tiga hari ke depan.

 “Intensitas ringan sampai sedang, durasinya cukup panjang. Faktor – faktor tadi masih menjadi pengaruh munculnya hujan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu,Christine mengingatkan masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Khususnya kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai. Mengingat, bencana banjir masih berpotensi terjadi.

Editor : Ismail

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut