get app
inews
Aa Read Next : Tolak Ajakan Tidur, Pria Paruh Baya di Tuban Tusuk Pacar Pakai Gunting

3 Lokasi yang Dipercaya sebagai Makam Sunan Bonang, Apa Saja?

Kamis, 08 Desember 2022 | 13:57 WIB
header img
Sunan Bonang, salah satu anggota Wali Songo, penyebar agama Islam di Tanah Jawa. (Foto: Istimewa)

Sosok Putri Campa sendiri merupakan anak dari Raja Campa yang merupakan ibu dari Raden Rahmat atau Sunan Ampel, atau nenek dari Sunan Bonang. Saat itu berdasarkan kisah di Babad Tanah Jawi, Putri Campa ini menikah dengan Raja Majapahit Dwarawati.

Pemakamannya berada di tengah-tengah permukiman desa, dengan dikelilingi tembok tebal berwarna putih. Konon di situs inilah tempat tinggal Sunan Bonang, hingga meninggal dan dimakamkan di sana. 

Lokasi makam Sunan Bonang di Lasem ini, berbeda dengan dua lokasi sebelumnya yang memiliki cungkup atau tutup makam. Di sini makam Sunan Bonang tak memiliki cungkup, konon beberapa kali usaha membuatkan cungkup selalu gagal oleh hal-hal yang tak masuk akal. 

Perihal mengenai kenapa tidak digunakan cungkup, juru kunci makam menyebut itu bagian dari upaya menyimpan rahasia. Selain itu sang waliullah ini konon sempat memberikan wasiat. Wasiat yang berisikan keinginan untuk mengikuti Sunan Ampel, agar makamnya tidak dicungkup supaya tidak ada yang mengkultuskan makamnya.

Artikel ini telah terbit di halaman SINDOnews.com dengan judul Kisah Misteri 3 Makam Sunang Bonang, Penyebar Islam di Tanah Jawa yang Sakti Mandraguna

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut