get app
inews
Aa Read Next : Kenapa Saffron Jadi Rempah Termahal di Dunia? Berikut Penjelasannya

Deretan Fakta Menarik Belalang Anggrek, Nomor 1 Bisa Berubah Warna

Selasa, 06 Desember 2022 | 13:41 WIB
header img
Belalang anggrek. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Deretan fakta menarik belalang anggrek (Hymenopus coronatus) ini menarik untuk diketahui. Di mana, belalang merupakan karnivora dengan strategi berburu yang dikenal sebagai mimikri agresif

Mangsa atau makanan favorit mereka menyukai bunga, maka belalang anggrek berpura-pura menjadi bunga. Ini adalah cara sempurna untuk mendapatkan makan malam yang mudah.

Belalang anggrek yang juga dikenal sebagai bunga hidup mendiami hutan hujan tropis di Asia Tenggara. Berikut 5 fakta belalang anggrek dirangkum SINDOnews dari laman Factanimal, Senin (31/10/2022).

1. Bisa Berubah Warna

Untuk bertahan hidup, belalang anggrek harus berevolusi untuk menyempurnakan penyamarannya. Artinya harus bisa menyatu dengan habitatnya, yaitu anggrek hutan tropis di Asia Tenggara. Belalang anggrek sepertinya mengambil pelajaran dari bunglon dengan mengubah warna!

Meskipun Anda tidak akan menemukan belalang anggrek yang beralih dari warna seperti merah ke biru, mereka dapat berubah dari merah muda keputihan menjadi coklat. Ini membantu menyamar dengan lingkungan lebih baik dan menangkap lebih banyak mangsa.

2. Bisa Terbang

Meskipun menyatu sempurna dengan jenis bunga tertentu, belalang anggrek tidak menghabiskan seluruh waktunya di tanah. Sebaliknya, mereka sebenarnya memiliki dua set sayap berbeda yang sempurna untuk terbang.

Ini membantu mereka berpindah dari bunga ke bunga dengan mudah. Ini juga membantu mereka untuk menavigasi hutan hujan. Semua belalang memiliki dua set sayap khusus, pasangan pertama dikenal sebagai tegmen. Sayap ini kasar dan membantu melindungi sayap bagian dalam, yang jauh lebih rapuh.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut