get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Winda Erika, Satu-satunya Dokter Anti Aging Bergelar FINEM di Medan

Mengenal Sosok Kuncoro Wibowo, Tokoh di Balik Kesuksesan Ace Hardware Indonesia

Minggu, 20 November 2022 | 08:09 WIB
header img
Kuncoro Wibowo. (Foto: acehardware.co.id)

Dia berhasil membangun Kawan Lama Sejahtera sebagai grup toko besar dengan berbagai perkakas dan furniture, lalu pindah ke pusat pertokoan di Glodok jaya. Kemudian dia mendirikan Grup Kawan Lama, dan mendirikan beberapa anak usaha di berbagai bidang. 

Kuncoro mendirikan PT Informa Furnishing yang menyediakan perlengkapan hunian, kantor dan ruang komersial. Dia kemudian membuka Ace Hardware Indonesia pada 1995.

Selain itu, Kuncoro juga merambah ke lini bisnis lain. Salah satunya bisnis minuman kekinian yang kerap jadi andalan anak muda zaman sekarang yakni Chatime. 

Kuncoro juga memiliki brand produk perkakas teknik, industri, permesinan, perkakas rumah tangga serta hobi bernama Krisbow. Nama brand Krisbow berasal dari kependekan nama pengusaha plastik Krisnandi Wibowo yang tak lain adalah adik Kuncoro. Melalui brand inilah usaha Kuncoro dan adik-adiknya makin berkibar. 

Sementara itu, melalui PT Retail Estate Solution membangun pusat perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup modern terbesar di Indonesia seluas 15.000 meter persegi di kawasan Alam Sutera. Di sana, terdapat Ace Hardware yang menyediakan 75.000 jenis barang. 

Di tempat itu, dia juga membangun pusat furniture dan aksesori pelengkap hunian dan bisnis terbesar di Indonesia seluas 25.000 meter persegi yang mampu menampung 25.000 jenis produk dan Toys Kingdom sebagai toko mainan terbesar di Indonesia.

Kuncoro menjabat sebagai Presiden Komisaris Ace Hardware Indonesia pada 1995. Hingga kini, dia berperan aktif dalam berbagai posisi penting di Kawan Lama Group untuk membangun rencana perkembangan strategis perusahaan. Dia diangkat kembali menjadi Komisaris Utama berdasarkan keputusan RUPS tahunan perusahaan pada 24 Mei 2017.

Kuncoro menempati peringkat 31 daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2021. Akhir tahun lalu, kekayaannya mencapai 1,48 miliar dolar AS. 

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Kisah Kuncoro Wibowo, Anak Pedagang Perkakas Glodok di Balik Sukses Ace Hardware Indonesia

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut