get app
inews
Aa Read Next : Kenali  Penyakit Jantung Rematik Menyerang Anak Akibat Infeksi Tenggorokan

Apa Saja Cara Mengobati Sakit Tenggorokan? Berikut Ulasannya

Rabu, 16 November 2022 | 11:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas cara mengobati sakit tenggorokan. Di mana, penyakit ini sering terjadi di musim hujan.

Sakit pada tenggorokan biasanya dibarengi dengan rasa nyeri, gatal, tidak nyaman atau terasa kering. Jika Anda tidak memperhatikan makanan atau minuman apa yang Anda konsumsi, hal tersebut dapat memperburuk kondisi Anda.

Jika Anda merasakan sakit tenggorokan, berikut ini adalah beberapa cara untuk meringankan gejalanya. Apa saja?

1. Istirahat

Dapatkan tidur yang cukup, hal ini tentu sangat berpengaruh karena anda beristirahat maka pita suara yang ada pada tenggorokan tak bekerja terlalu keras.

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Cairan menjaga tenggorokan tetap lembab dan mencegah dehidrasi. Hindari kafein dan alkohol, yang dapat membuat Anda dehidrasi.

3. Makanan dan minuman hangat

Cairan hangat, seperti kaldu, teh bebas kafein atau air hangat dengan madu, dapat meredakan sakit tenggorokan.

4. Berkumur dengan air garam

Kumur air garam dengan 1/4 hingga 1/2 sendok teh (1250 hingga 2500 miligram) garam meja hingga 4 hingga 8 ons (120 hingga 240 mililiter) air hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Anak-anak yang lebih tua dari 6 tahun dan orang dewasa dapat berkumur dengan larutan tersebut.

5. Madu

Dikutip dari Healthline, madu yang dicampur dalam teh atau diminum sendiri adalah obat rumahan yang umum untuk gejala sakit tenggorokan. Madu sama efektifnya dengan dekstrometorfan penekan batuk untuk meredakan batuk pada anak-anak. Dekstrometorfan adalah bahan aktif dalam produk seperti Robitussin dan Delsym.

Sebuah tinjauan literatur tahun 2021 meneliti efek madu pada infeksi saluran pernapasan atas akut. Para peneliti menyimpulkan bahwa madu lebih efektif dalam menghilangkan gejala daripada beberapa pengobatan tradisional. Obat ini termasuk antibiotik dan antihistamin diphenhydramine.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut