get app
inews
Aa Read Next : Kisah Korban PHK Sukses Jualan Jus Buah, Pernah Laku 20.000 Cup Dalam Satu Hari

Deretan Perusahaan PHK Karyawan Sepanjang 2022, Nomor 2 Memberhentikan 365 Orang

Rabu, 16 November 2022 | 10:00 WIB
header img
Ilustrasi PHK. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Deretan perusahaan yang PHK karyawan sepanjang 2022 ini menarik untuk diketahui. Pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan pada tahun ini marak terjadi di perusahaan dalam maupun luar negeri.

Hal ini terjadi imbas menurunnya daya beli masyarakat karena pelemahan ekonomi global. Dengan adanya penurunan permintaan tersebut membuat banyak perusahaan yang melakukan efisiensi dengan cara mengurangi jam kerja karyawan hingga melakukan PHK.

Selain itu, kinerja perusahaan startup pada tahun 2022 pun mulai banyak yang goyah karena terpengaruh pada pendanaan para investor.

Berikut daftar perusahaan yang PHK karyawan sepanjang 2022:

1. Indosat Ooredoo Hutchison

Perusahaan penyedia jasa telekomunikasi tersebut melakukan PHK terhadap sekitar 300 karyawan pada tahun ini. Perusahaan menyebut, bakal memberikan kompensasi kepada karyawan yang terdampak PHK.

Paket kompensasi yang ditawarkan kepada karyawan berupa pembayaran hingga 75 kali upah. Jumlah tersebut menurut Director & Chief of Human Resources Officer IOH Irsyad Sahroni, bahkan sudah lebih besar dari ketentuan undang-undang yang berlaku.

2. SiCepat 

Perusahaan ekspedisi ini juga sempat memberhentikan 365 karyawannya, mulai dari Admin Operasional hingga kurir SiCepat Ekspres.

Chief Marketing Corporate Communication Officer SiCepat Ekspres, Wiwien menyampaikan, PHK tersebut untuk melakukan pembaharuan management human capital terkait pemberlakuan standar evaluasi kompetensi berdasarkan key performance indicator (KPI). 

3. Shopee Indonesia 

Pada September lalu, Shopee Indonesia melakukan PHK kepada 180 karyawannya atau sekitar 3 persen dari total karyawan. Karyawan yang terkena PHK berasal dari beragam tingkatan, mulai dari head of department atau director, senior manager, hingga posisi-posisi entry level atau junior staff.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut