get app
inews
Aa Read Next : Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Pasar Nasional Tarutung

Gempa Tektonik M=2,9 Guncang Taput, Gempa Berjarak 6 Km Barat Laut Taput-Sumut Pada Kedalaman 1 Km

Selasa, 01 November 2022 | 06:25 WIB
header img
Gempa tektonik M=2,9 guncang Taput, gempa berjarak 6 km Barat Laut Taput-Sumut pada kedalaman 1 km. (Foto: Istimewa).

MEDAN, iNewsMedan.id - Gempa bumi tektonik berkekuatan M=2,9 kembali mengguncang daerah Tapanuli Utara (Taput), Selasa (1/11/2022) dini hari. Gempa tersebut berlokasi di darat pada jarak 6 Km Barat Laut Tapanuli Utara -Sumut pada kedalaman 1 Km.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho mengatakan bahwa gempa bumi tersebut terjadi pukul 02.15 WIB. Di mana, hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=2,9. Episenter terletak pada koordinat 2.04 LU dan 98.91 BT.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun," katanya, Selasa (1/11/2022) pagi. 

Kata Hendro, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Sipoholon -Tapanuli Utara II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Gempa ini masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama Tapanuli Utara M 5,8 tanggal 1 Oktober 2022 pukul 02.28 WIB," terangnya. 

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut