get app
inews
Aa Read Next : UMKM Perempuan untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

BI Optimis Ketahanan Ekonomi Kuat Diikuti Pertumbuhan Kredit di Sumut Merata

Rabu, 26 Oktober 2022 | 11:30 WIB
header img
Kepala Perwakilan BI Sumut Doddy Zulverdi dalam bincang bareng media, Rabu (26/10/2022). (Foto: Isnaini Kharisma/iNewsMedan).

MEDAN, iNewsMedan.id - Berkat dukungan pemerintah dan masyarakat yang semakin tinggi, diikuti survei konsumen membaik, prospek ekonomi Sumatera Utara (Sumut) pun turut bertumbuh. 

"Ekonomi Indonesia khususnya di Sumut yakin membaik, dan ketahanan ekonomi Sumut sampai saat ini masih kuat. Hal ini yang terus kami jaga," kata Kepala Perwakilan BI Sumut Doddy Zulverdi dalam bincang bareng media, Rabu (26/10/2022).

Doddy menjelaskan, dengan kondisi ekonomi yang masih kuat di Sumut, didukung dari sisi pembiayaan. Penyaluran kredit perbankan terindikasi mengalami peningkatan pada triwulan II 2022 yang mencapai 11,11 persen (yoy), lebih tinggi dari periode sebelumnya sebesar 7,83 persen. Hal ini didukung oleh peningkatan kredit korporasi secara tahunan yang tumbuh 7,7, persen (yoy), menjadi 14,1 persen (yoy) pada triwulan II 2022. Sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan kredit investasi.

"Bahkan, keadaan serupa juga terjadi pada kinerja kredit UMKM yang tumbuh menjadi 16,0 persen (yoy) pada triwulan II 2022 dengan risiko kredit yang membaik. Di sisi kredit rumah tangga, terdapat indikasi perlambatan yang didorong oleh melambatnya KPR dan multiguna," ujarnya.

Doddy menuturkan, melihat dari sisi komposisi, pertumbuhan kredit di Sumut merata. Termasuk kenaikan pertumbuhan kredit di koorporasi maupun UMKM. Bahkan UMKM tumbuh hingga 16 persen dari 14 persen. 

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut