get app
inews
Aa Read Next : Dukung Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut, PKS: Kinerja Edy Sangat Bagus

14 Kasus Gangguan Ginjal Akut Pada di Sumut, 8 Meninggal Dunia

Selasa, 25 Oktober 2022 | 12:30 WIB
header img
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. (Foto: Jafar/iNewsMedan).

MEDAN, iNewsMedan.id - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengatakan bahwa untuk kasus gangguan ginjal akut (GGA) yang menimpa anak-anak di Sumatera Utara ada 14 kasus. Di mana, 8 anak meninggal dunia

"Di Sumatera Utara sudah 8 orang yang meninggal terkait gagal akut dari 14 kasus. 2 sudah kembali dan 4 masih perawatan di RSUP H. Adam Malik Medan," katanya usai menggelar diskusi pada Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Gagal Ginjal Akut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Senin (24/10/2022).

Terkait penanganan terhadap kasus tersebut, Gubernur mengatakan, untuk penanganannya perlu rujukan ke RSUP HAM, termasuk jika gejala dimaksud muncul di daerah luar Kota Medan. Mengingat hingga saat ini sudah ada pernyataan kesanggupan dari pihak RS pemerintah itu.

"Ini tadi saya diksusi bersama ahli, ada dokter anak, dokter ginjal, RS dan Balai POM yang berwenang tentang itu. Tetapi yang paling penting adalah kita mencari solusi dan langkah awal. Keputusan saya, apabila ada tanda gejala, seluruhnya harus segera dievakuasi. Bukan diobati di daerah, tetapi ke Medan, ke RS rujukan yaitu Rumah Sakit Adam Malik," tegasnya. 

Selain itu, meskipun sebaran kasus gangguan ginjal akut ini terjadi di beberapa daerah, Gubernur memastikan bahwa penanganannya gratis dengan indikasi adanya infeksi pada saluran cerna, demam, ISPA, batuk pilek dan muntah. Serta kurangnya kadar air seni dan tidak bisa buang air seni.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut