get app
inews
Aa Read Next : Arya Sinulingga Harapkan Pemda di Sumut Perhatikan Olahraga Sepak Bola

Deretan Fakta Unik Trofi Piala Dunia FIFA yang Asli, Nomor 2 Pernah Disembunyikan di Kotak Sepatu

Rabu, 12 Oktober 2022 | 08:00 WIB
header img
Fakta Unik Trofi Piala Dunia (Foto: Istimewa)

6. Terbuat dari 6 Kilo Emas 

Lebih Trofi Piala Dunia FIFA memiliki tinggi 36,5 cm dan terbuat dari 6,175 kg emas 18 karat (75%). Trofi tersebut memiliki dasar melingkar, diameter 13 cm, terbuat dari dua lapis perunggu. Piala tersebut menggambarkan dua sosok manusia menjunjung bumi.  

7. Terukir Nama-Nama Negara Pemenang 

Trofi tersebut memiliki kata-kata Piala Dunia FIFA yang terukir di dasarnya. Setelah Piala Dunia FIFA 1994, sebuah piring ditambahkan ke bagian bawah piala di mana nama-nama negara pemenang diukir dalam urutan vertikal. Setelah 2014, ukiran tersebut diubah dan nama-nama disusun ulang dalam spiral untuk mengakomodasi lebih banyak pemenang. 

8. Trofi Asli Tetap Milik FIFA

Tidak seperti Trofi Jules Rimet, trofi Piala Dunia FIFA yang asli tidak dapat dimenangkan lagi secara langsung sejak tahun 2006. Artinya, trofi yang dibawa pulang oleh pemenang Piala Dunia sebenarnya hanya replika. 

Peraturan baru menyatakan bahwa piala yang asli itu tetap dalam kepemilikan FIFA dan diamankan di FIFA Museum, Zurich, Swiss.  

9. Replika Hanya Perunggu dari Emas 

Sebagai gantinya, para pemenang Piala Dunia FIFA dapat secara permanen menyimpan replika trofi Piala Dunia yang terbuat dari perunggu berlapis emas.  

Satu replika semacam itu juga pernah diberikan kepada Nelson Mandela sebelum Afrika Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2010. Itu adalah satu-satunya contoh penghargaan individu yang menerima replika resmi trofi Piala Dunia hingga saat ini. 

Selain itu, hanya sekelompok orang tertentu, termasuk kepala negara dan mantan pemenang Piala Dunia, yang diizinkan menyentuh trofi Piala Dunia FIFA asli.

Artikel ini telah terbit di iNews.id dengan judul 9 Fakta Unik Trofi Piala Dunia FIFA yang Asli, Segini Berat Emasnya

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut