get app
inews
Aa Read Next : JPRMI Sumut Siap Memenangkan Bobby Nasution di Pilgubsu

Deretan Rekor Tendangan Terkeras Sepak Bola dalam Sejarah, Nomor 7 Roberto Carlos

Selasa, 11 Oktober 2022 | 19:00 WIB
header img
Pemain legenda Roberto Carlos memiliki rekor tendangan terkeras dalam sepakbola dunia. (Foto: Istimewa)

5. David Hirst

David Eric Hirst merupakan seorang pemain sepak bola asal Inggris. 11 tahun dari karirnya dihabiskan untuk bermain bersama Sheffield Wednesday. 

Dirinya sukses menciptakan sejarah karena melakukan tembakan super keras saat timnya menghadapi Arsenal di Liga Inggris.

Dia melakukan tendangan dengan kecepatan mencapai 183 km per jam. Sayangnya bola tidak masuk ke gawang lawan, melainkan hanya membentur tiang. Namun tendangan gagal tersebut. 

Lembaga Guinness World Records mencatat detail tendangan David Hirst sebagai tendangan tercepat dalam Liga Inggris yang pernah ada. Kecepatannya mencapai 183 km/jam atau 114 mph. Bola tersebut menghantam tiang gawang dari jarak 13. 5 m atau 14.8 yards, dalam pertandingan Arsenal di Highbury, London, pada 16 September 1996.

4. Ronald Koeman

Pemain legenda timnas Belanda dan Barcelona, Ronald Koeman, memiliki catatan tendangan super keras. Tendangan terkerasnya terjadi pada Final European Cup tahun 1992. Turnamen ini adalah cikal bakal Liga Champions saat ini.

Koeman yang saat itu membela Barcelona mencetak gol dari tendangan bebas ke gawang Sampdoria. Sampdoria saat itu merupakan tim papan atas Liga Italia.

Tembakan Koeman melesat ke sisi kanan gawang lawan dengan kecepatan 188 km per jam. Kiper yang berusaha melompat tidak sempat meraih bola yang meluncur deras tersebut.

Berkat gol tunggal dari Koeman, Barcelona mengandaskan Sampdoria di final, yang dilangsungkan pada tanggal 20 Mei 1992 di Stadion Wembley, Inggris dengan skor tipis hanya 1-0. Kemenangan ini menjadi gelar Liga Champions pertama bagi Barcelona.

3. Steven Reid
 
Steven Reid mengakhiri karirnya sebagai pemain sepak bola pada Juli 2015 silam. Pada masanya dia bermain untuk beberapa klub level menengah bawah seperti Blackburn Rovers, QPR, ataupun Burnley.

Dalam suatu pertandingan saat Blackburn Rovers bersua Wigan Athletic pada 2006 dirinya mencatatkan gol yang bersejarah. 

Gol bermula dari bola liar di kotak penalti. Reid yang merupakan seorang bek kanan maju membantu penyerangan dan langsung melakukan tendangan. Tercatat, tendangan Reid mencapai 189 km per jam.

Gol tersebut viral pada masanya yang terus menerus dibahas orang selama berminggu-minggu. Beberapa kelakar mengatakan seandainya saat itu bola mengenai kiper, kemungkinan besar kiper tersebut akan langsung koma.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut