get app
inews
Aa Read Next : Angkutan Umum Dilarang Turunkan dan Naikkan Penumpang Sepanjang Sisingamangaraja

8 Daftar PO Bus Tertua di Indonesia Bertahan Sampai Sekarang, Nomor 5 ALS

Kamis, 06 Oktober 2022 | 19:00 WIB
header img
Bus ALS. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Bus menjadi salah satu moda transportasi primadona. Di mana, bus-bus yang beroperasi saat ini masuk kategori premium.

Indonesia sendiri memiliki banyak perusahaan otobus (PO). Bahkan beberapa di antaranya sudah berumur puluhan tahun.

Menariknya, beberapa PO bus tua tersebut masih beroperasi hingga sekarang. Penasaran PO bus apa saja yang masih bertahan dan eksis sampai saat ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (23/5/2022), berikut deretan PO bus tertua di Indonesia bertahan sampai sekarang.

1. Rosalia Indah

Masyarakat Indonesia khususnya di Pulau Jawa tidak asing dengan Rosalia Indah. Rosalia Indah merupakan salah satu perusahaan jasa transportasi darat dengan armada bus yang berkantor pusat di Palur, Jawa Tengah.

Rosalia Indah didirikan pasangan suami-istri Yustinus Suroso dengan Yustina Rahayu Suroso tepatnya pada 1983. Semula Rosalia Indah hanya memiliki satu armada bus Isuzu dengan trayek Yogyakarta - Solo - Surabaya - Malang.

2. Pahala Kencana

Jika berbicara soal PO bus tertua di Indonesia, Pahala Kencana tentu tidak boleh terlewatkan. PO berdiri sejak 1976 di Kudus, Jawa Tengah dan bisa dibilang masih populer sampai sekarang.

Pahala Kencana merupakan perusahaan otobus yang melayani perjalanan antarkota antarprovinsi. Selain itu, Pahala Kencana juga melayani jasa bus pariwisata dan ekspedisi barang paket dengan armada mulai dari Mercedes-Benz hingga Vino.

3. Lorena - Karina

Lorena - Karina dikenal sebagai bus lintas Jawa-Sumatera. Perusahaan otobus ini merupakan penyedia moda transportasi darat dengan armada bus yang didirikan sejak 1978.

Trayek awal Lorena - Karina melayani rute Bogor menuju Jakarta pada 1984. Seiring dengan perkembangan usaha Lorena - Karina terus melebarkan sayap dengan membuka trayek lebih jauh (AKAP) Jakarta, Sumatera hingga Bali.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut