get app
inews
Aa Read Next : UMKM Perempuan untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

Membaiknya Daya Beli, Perekonomian Sumut 2022 Diprediksi 4,9 persen

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 13:13 WIB
header img
Kepala Kantor Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara, Doddy Zulverdi menyebut, daya beli masyarakat yang telah membaik membuat perekonomian Sumatera Utara diprediksi tumbuh 4,9 persen. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Semakin pulihnya mobilitas dan membaiknya daya beli nantinya akan mendorong konsumsi masyarakat. Hal itu pun terlihat dari perekonomian Sumatera Utara (Sumut) tahun 2022 yang diprakirakan tumbuh lebih tinggi dari tahun 2021 dengan rentang proyeksi sebesar 4,1 persen hingga 4,9 persen (yoy).

Kepala Kantor Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara, Doddy Zulverdi mengatakan, tetap tingginya harga komoditas utama serta berlanjutnya program PEN diprediksi dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara tahun 2022 lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. 

"Akan tetapi, berlanjutnya konflik geopolitik yang berisiko melanjutkan gangguan rantai pasok global serta perkembangan ekonomi global yang diwarnai peningkatan inflasi menjadi hal yang perlu diwaspadai," katanya dalam kegiatan Bincang Bareng Media (BBM) di Medan, Sabtu (1/10/2022).

Doddy menjelaskan, ada beberapa faktor-faktor yang mendorong bias atas yakni yang pertama membaiknya krisis geopolitik global sehingga turut mendorong perbaikan rantai pasok dan menstabilkan tekanan inflasi.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut