Ini 5 Kota di Indonesia yang Terancam Tenggelam, Nomor 3 Diprediksi Tahun 2030

Ami Heppy S
.
Jum'at, 23 September 2022 | 08:29 WIB
Ilustrasi kota terancam tenggelam di Indonesia. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Inilah 5 kota di Indonesia yang terancam tenggelam. Sebab, berdasarkan hasil penelitian Institute Teknologi Bandung (ITB), bahwa ketinggian air laut di perairan Indonesia mengalami peningkatan sebesar 3-8 mm per tahun. 

Hal ini menyebabkan kota-kota di pesisir utara Jawa, pesisir timur Sumatera, Kalimantan dan Papua bagian selatan berpotensi terendam banjir air dari laut.

Lebih lanjut berdasarkan penelitian yang dilakukan lembaga riset nonprofit Climate Central, diperkirakan banyak kota pesisir di Indonesia akan tenggelam pada 2050. 

Berikut ini iNews.id rangkumkan 5 kota di Indonesia yang terancam tenggelam:

1. Bali

Pulau Bali termasuk ke dalam daftar 5 kota di Indonesia yang terancam tenggelam. Akibat meningkatnya tinggi muka air laut, pada 2050 mendatang Bali diprediksi kehilangan 490 kilometer dari total luas wilayahnya.

Jika hal ini terjadi maka Bali akan terbelah bahkan terpisah menjadi dua bagian yang berbeda.

2. Semarang

Kota-kota pesisir di Indonesia disebutkan akan tenggelam karena mengalami penurunan muka tanah. Diantaranya adalah Kota Semarang. 

Data dari Badan Geologi Kementerian ESDM menunjukkan bahwa pesisir Semarang mengalami penurunan tanah hingga 10 cm per tahunnya dengan potensi amblas yang terus meluas.

Pada tahun  2050, sebagian wilayah Semarang pun diprediksi akan tenggelam.

3. Jakarta

Berdasarkan laporan Greenpeace, kenaikan permukaan laut yang ekstrem akibat perubahan iklim diperkirakan akan menenggelamkan tujuh kota besar di Asia pada 2030.

Jakarta termasuk dalam tujuh kota yang diprediksi akan tenggelam tersebut.

Prediksi kawasan DKI Jakarta akan tenggelam 10 tahun ke depan semakin santer dibicarakan setelah Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyinggung hal tersebut dalam pidatonya di Kantor Direktur Intelijen Nasional, AS, Selasa (27/7/2021).

Dr. Katherine Kramer dalam penelitiannya yang disebut “Kota Tenggelam” menyebutkan bahwa kota yang paling cepat tenggelam di seluruh dunia adalah Jakarta di Indonesia.

Hingga kini, sekitar 40 persen wilayah Jakarta telah mengalami penurunan muka tanah dengan kecepatan 25 cm per tahun.

Lembaga non-profit independen yang fokus pada isu perubahan iklim, Climate Central bahkan telah membuat peta proyeksi wilayah Jakarta yang akan tenggelam pada 2030 mendatang. Dalam peta tersebut, wilayah jakarta yang diprediksi tenggelam pada 2030 ditandai dengan warna merah. 

Adapun wilayah tersebut adalah Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, hingga Jakarta Selatan. Peta proyeksi ini bisa diakses di laman coastal.climatecentral.org.

4. Surabaya

Selain Jakarta dan Semarang, kota besar lainnya di Indonesia yang diprediksi akan tenggelam adalah Surabaya.

Karena merupakan wilayah dataran terendah di Jawa Timur, Surabaya diprediksi menjadi yang pertama kali tenggelam bila air laut naik empat meter di 2050.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini