Bagaimana Cara Mengobati Dubur Gatal Secara Alami? Berikut Ulasannya

Vivin Lizetha
.
Kamis, 22 September 2022 | 09:30 WIB
5 Cara Mengobati Dubur Gatal Secara Alami (Foto: Istimewa)

iNewsMedan.id - Ini lima cara mengobati dubur gatal secara alami. Sebab, rasa gatal diikuti sensasi terbakar di dubur sangat mengganggu aktivitas.

Apalagi jika kejadian ini terjadi di keramaian, pasti Anda akan bingung harus bagaimana. Mau menggaruk tapi malu, tidak digaruk rasa gatalnya bikin emosi. Jadi serba salah kan!

Dikutip dari buku Parenting Guide, penyakit gatal anus secara medis disebut sebagai pruritus ani. Yaitu kelainan yang cukup umum dan dapat timbul di dalam atau lebih sering di sekitar anus.

Penyakit gatal anus jarang bersifat serius, walaupun dapat terasa memalukan dan sulit ditangani. Ada beberapa penyebab pemicu rasa gatal di anus. Seperti kurangnya hieginitas, berkeringat, penggunaan sabun yang tidak cocok, mengonsumsi makanan pedas, wasir, hingga penggunaan pakaian ketat. Hal inilah yang harus dihindari jika tak ingin terkena gatal anus.

Namun jika rasa gatal di anus terjadi begitu saja, berikut tindakan yang dapat Anda lakukan untuk meredakan rasa gatal menurut Dr. Miriam Stoppard, yang dikutip dalam bukunya yang berjudul Parenting Guide, Jumat (2/9/2022).

1. Jaga kebersihan

Rajin membersihkan daerah anus agar tetap bersih. Cuci dan keringkan secara hati-hati (tapi tidak berlebihan) setelah buang air besar.

2. Gunakan sabun yang cocok

Hindari menggunakan sabun yang mengiritasi kulit.

3. Jangan digaruk

Cobalah untuk tidak menggaruk bagian anus yang gatal karena ini akan memperburuk rasa gatal.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini