get app
inews
Aa Read Next : 50 Kata Bijak Tommy Jonathan Sinaga Tentang Cinta, Ngena Banget!

Kisah Sukses Zhong Shanshan, Taipan Air Minum yang Geser Jack Ma di Posisi Orang Terkaya China

Selasa, 20 September 2022 | 18:00 WIB
header img
Bos Air Kemasan Zhong Shanshan berharta Rp858 triliun Geser Jack Ma jadi orang terkaya China.

Sedangkan bos raksasa game dan pemilik WeChat Tencent Pony Ma turun dua peringkat ke posisi keempat karena pembatasan China pada video game. Tindakan pemerintah China membuat kekayaannya turun 19 persen. Adapun posisi kedua orang terkaya China ditempati pendiri TikTok Zhang Yiming dengan kekayaan 52,8 miliar dolar AS atau Rp747,6 triliun.

Peringkat ketiga ditempati Zeng Yuqun. Pendiri produsen baterai lithium Contemporary Aperex Technology Co Ltd (CATL) ini memiliki kekayaan sebesar 47,4 miliar dolar AS atau Rp671,2 triliun.  

Hurun yang menyusun daftar tersebut menyatakan, untuk pertama kalinya konglomerat di sektor properti dan real estate tidak berada di daftar 10 besar orang terkaya China tahun ini. Pendiri raksasa properti Evergrande Group Xu Jiayin atau Hui Ka Yan terlempar dari daftar 10 orang terkaya China.

Hui menduduki puncak daftar ini pada 2017 dan tahun lalu berada di urutan kelima. Namun tahun ini, dia jatuh ke peringkat 70, di mana kekayaannya anjlok 70 persen menjadi 11,3 miliar atau Rp160 triliun.  

Krisis likuiditas di Evergrande telah menghilangkan kepercayaan investor dan mengguncang pasar properti di negara itu. Hal ini juga memicu kekhawatiran penularan dalam ekonomi yang lebih luas. Sementara pihak berwenang China telah mengatakan kepada Hui untuk menggunakan kekayaan pribadinya untuk meringankan krisis utang perusahaan.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut