get app
inews
Aa
Read Next : 50 Kata Bijak Tommy Jonathan Sinaga Tentang Cinta, Ngena Banget!

Kisah Sukses Zhong Shanshan, Taipan Air Minum yang Geser Jack Ma di Posisi Orang Terkaya China

Selasa, 20 September 2022 | 18:00 WIB
header img
Bos Air Kemasan Zhong Shanshan berharta Rp858 triliun Geser Jack Ma jadi orang terkaya China.

BEIJING, iNewsMedan.id - Taipan air minum dalam kemasan Nongfu Spring, Zhong Shanshan berada di posisi pertama orang terkaya China. Dia menggeser pendiri Alibaba Jack Ma

Berdasarkan data Hurun China List 2021, Zhong menduduki peringkat pertama dalam daftar ini untuk pertama kalinya, dengan kekayaan bersih naik 7 persen menjadi sebesar 60,6 miliar dolar AS atau Rp858 triliun. Tahun lalu, dia berada di peringkat ketiga orang terkaya China.  

Dikutip dari Straits Times, kekayaan Zhong terus meningkat setelah melakukan pencatatan saham perdana (IPO) Nongfu Spring. Miliarder berusia 67 tahun ini juga pemilik perusahaan farmasi Wantai Biological Pharmacy Enterprise, yang banyak mendapatkan pesanan untuk alat tes Covid-19. 

Sementara Ma yang tahun lalu berada di peringkat teratas, tahun ini turun ke posisi kelima. Kekayaan Ma menyusut 36 persen menjadi 22,6 miliar atau Rp320 triliun.  

Ma dan Alibaba tidak disukai pemerintah China setelah dia mengkritik regulator keuangan negara itu pada akhir tahun lalu. Akibatnya, IPO anak usaha Alibaba, Ant Group ditangguhkan. Pemerintah China juga melakukan tindakan keras terhadap perusahaan teknologi China karena dugaan praktik monopoli. 

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut