get app
inews
Aa Read Next : 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting di Kota Medan

Medan Mendapat Julukan Kota Ketua, Ternyata Ini Asal Usulnya

Kamis, 15 September 2022 | 11:15 WIB
header img
Istana Maimun, (Foto: Okezone/Pradita)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Asal usul Medan dijuluki kota ketua akhir-akhir ini kerap diperbincangkan di kalangan masyarakat luas. Anda akan sering menemukan sapaan dengan kata ketua saat sedang berada di kota bika Ambon ini.

Uniknya, walaupun Anda baru dikenal , bahkan tidak memiliki jabatan apapun pasti akan disapa dengan sapaan kata ketua oleh masyarakat Kota Medan. Sebenarnya apa sih alasan di balik mereka memanggil nama orang dan mengganti kata sapaan dengan ketua tersebut.

Sebelum tenar dengan sebutan kota ketua, Medan dikenal sebagai kota perdagangan dan saudagar. Sejarawan Ichwan Azhari menyebutkan, bukti-bukti Kota Medan sebagai pusat perdagangan sejak abad ke-11 telah banyak terhimpun. Bukti-bukti tersebut disimpan di Museum Situs Cotta Cinna di Marelan, di antaranya koin yang Cola (India Selatan), koin Sinhala (Sri Langka) dan koin China dari berbagai dinasti.

"Selain ribuan koin berbagai negara yang ditemukan sebagai bukti adanya transaksi perdagangan, di utara Medan ini juga ditemukan ratusan ribu fragmen keramik, tembikar, manik manik dari India Selatan, China, Siam, Jawa, juga kaca asal Timur Tengah. Ini merupakan komoditi perdagangan dari luar yang didatangkan ke Medan Utara," katanya.

Sementara komoditi lokal yang dibutuhkan pasar internasional dari Kota Medan, persisnya di Cotta China saat itu antara lain gading gajah, hasil hutan seperti damar, kemenyan, kapur barus, cendana, dan jenis rempah-rempah lainnya. Terdeteksi juga bahwa emas menjadi salah satu komoditi utama.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut