get app
inews
Aa Read Next : Penampakan Jersey Spesial Barcelona, Dipakai pada Laga El Clasico Akhir Pekan Ini

10 Daftar Klub Sepak Bola dengan Utang Terbanyak, Nomor 1 Barcelona

Jum'at, 02 September 2022 | 16:00 WIB
header img
Daftar 10 Klub Sepak Bola dengan Utang Terbanyak. Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Deretan klub sepak bola dengan utang terbanyak menarik untuk diulas. Belum lama ini, lembaga akuntan terkemuka di dunia, Deloitte merilis jajaran klub sepak bola dengan utang terbesar. 

Setidaknya, ada 10 klub besar yang memiliki utang dengan jumlah fantastis. Klub-klub tersebut semuanya adalah tim besar di Eropa yang berasal dari Liga Spanyol, Inggris, dan Italia.

Klub elite Eropa itu sejatinya terkenal sebagai tim besar, bertabur gelar dan bintang sepak bola dengan harga mahal. Namun, siapa sangka jika mereka ternyata memiliki tanggungan utang yang sangat besar.

Salah satu faktor membengkaknya utang klub tersebut adalah pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu yang membuat keuangan memburuk. Berikut adalah 10 klub sepak bola dengan utang terbanyak yang dilansir iNews.id dari Ace Football, Rabu (31/8/2022).

10 Klub Sepak Bola dengan Utang Terbanyak 

Di urutan paling akhir 10 besar klub dengan jumlah utang terbanyak diduduki oleh Liverpool dengan yang tercatat masih memiliki utang sebesar 386 juta euro atau jika dikonversi dengan mata uang rupiah sama dengan Rp5,7 Triliun. 

Sementara di atasnya ada salah satu raksasa Liga Inggris yang akhir-akhir ini meredup, yakni Manchester United.  

Setan Merah diketahui memiliki tanggungan utang sebesar 420 juta euro atau Rp6,2 Triliun. Angka tersebut membuatnya menempati urutan kesembilan dalam daftar klub dengan utang terbanyak. 

Secara berturut-turut, Atletico Madrid masuk dalam daftar dan menempati urutan kedelapan dengan jumlah utang 523 juta euro atau Rp7,75 Triliun. Di atasnya, ada Arsenal dengan tanggungan 625 juta atau setara Rp9,27 Triliun dan Real Madrid dengan 662 juta euro atau Rp9,81 Triliun. 

Di lima besar, ada juara Liga Italia 2021/2022, yakni AC Milan dengan utang sebesar 666 juta euro alias Rp9,88 Triliun. Sementara itu, klub satu kota Rossoneri yakni Inter Milan menempati posisi keempat dengan jumlah tunggakan sebesar 702 juta alias Rp10,4 Triliun. 

Sedangkan di tiga besar, ada Tottenham dengan jumlah utang sebesar 826 juta euro atau Rp12,2 Triliun. Di atasnya, ada Si Nyonya Tua Juventus yang menanggung utang senilai 900 juta euro atau sebesar Rp13,3 Triliun. 

Sementara di posisi puncak klub dengan utang terbanyak di dunia adalah Barcelona. Siapa sangka, El Barca memiliki tunggakan dengan jumlah yang sangat fantastis.  Klub yang juara La Liga 26 kali itu membukukan utang sebesar lebih dari 1 miliar euro. Angka rinci yang dirilis Deloitte adalah 1,35 miliar euro alias Rp20 triliun. 

Daftar 10 Klub Sepak Bola dengan Utang Terbanyak

1. Barcelona - €1,35 miliar / Rp20 Triliun 

2. Juventus - €900 juta / Rp13,3 Triliun 

3. Tottenham - €826 juta / Rp12,2 Triliun 

4. Inter - €702 juta / Rp10,4 Triliun

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut