get app
inews
Aa Read Next : Meriahkan HUT ke-78 RI, Warga Amplas Gelar Perlombaan Tradisional

Festival Budaya dan Sepeda Hias Semarakan Gebyar Merdeka HUT RI ke-77 di Kelurahan Amplas

Minggu, 28 Agustus 2022 | 19:05 WIB
header img
Festival Budaya dan Sepeda Hias Semarakan Gebyar Merdeka HUT RI ke-77 di Kelurahan Amplas. (Foto: Jafar/iNewsMedan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Kelurahan Amplas, Kecamatan Medan Amplas mengadakan Gebyar Merdeka Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 dengan melaksanakan pagelaran festival budaya anak dan sepeda hias, Minggu (28/8/2022).

Kegiatan tersebut rangkaian dari HUT RI ke-77. Di mana, acara sebelumnya telah dilaksanakan pada Minggu (21/8/2022) lalu. 


Festival Budaya dan Sepeda Hias Semarakan Gebyar Merdeka HUT RI ke-77 di Kelurahan Amplas. (Foto: Jafar/iNewsMedan)

Pagelaran sepeda hias dan pakaian adat yang pesertanya dari anak-anak setiap lingkungan dimulai dari Kantor Lurah Kecamatan Medan Amplas Minggu pagi. Di mana, kegiata tersebut dimeriahkan oleh ratusan anak-anak yang memakai pakaian adat dari Sabang sampai Merauke. 

Dalam Gebyar Merdeka HUT RI ke-77 Kelurahan Amplas juga dihadiri oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, M Rizki Nugraha.

Rizki mengatakan bahwa kegiatan hari sangat positif karena kegiatan ini terkumpulnya seluruh lapisan masyarakat terutama anak-anak untuk memeriahkan Gebyar Merdeka Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77. Selain itu juga karena canangan dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan harus ada daerah terkait kawasan ramah anak. 

"Hari ini Kelurahan Amplas beserta kepling-kepling yang ada di Kelurahan Amplas telah membuktikan itu di mana, acara ini terlihat kawasan yang bebas merokok dan panitia telah membuat khusus untuk merokok," katanya. 

Terkait tema 'Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat' kata Rizki di HUT ke-77 ini pasca pandemi memang kita sudah tidak boleh larut dari kesedihan dan saatnya kita bangkit untuk mengejar ketertinggalan kita di dua tahun terakhir ini. Baik itu secara finansial maupun secara mental. 


Festival Budaya dan Sepeda Hias Semarakan Gebyar Merdeka HUT RI ke-77 di Kelurahan Amplas. (Foto: Jafar/iNewsMedan)

"Ini kita buktikan mental anak-anak sudah pulih dan bangkit pasca pandemi Covid-19. Harapannya kedepan kegiatan ini layak kita sajikan ke Pemko Medan untuk ditahun depan bisa dirangkul oleh Pemko Medan," ungkapnya. 

"Makanya kegiatan ini harus kita gaungkan agar pemerintah Kota Medan tahu bahwasanya hari ada ada kelurahan yang mampu mengkreasikan kegiatan-kegiatan yang bersifat ramah anak," tegas Rizki. 

Sementara itu, penanggung jawab kegiatan, Muhid Alfin Sinaga mengatakan bahwa kegiatan ini sebelumnya telah kita buat pada Minggu (21/8/2022) lalu. 

"Minggu lalu kita telah membuat rangkaian perlombaan dalam HUT RI ke-77 dan hari ini adalah puncak dari kegiatan kita," kata Alfin Sinaga.

Dalam kegiatan itu, para peserta yang memulai pawai budaya serta sepada hias dimulai dari Kantor Lurah Medan Amplas berakhir di lapangan Lingkungan 1 Jalan Pengilar, Gang Ngatinah. 

Di lapangan tersebut para peserta juga melakukan Advokasi dengan mengecap tangan di spanduk sebagai tanda lingkungan ramah anak.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut