get app
inews
Aa Read Next : Kisah Awi Jual Pecel Selama 20 Tahun di Jakarta, Demi Biayai Anak Sakit dan Putus Sekolah

5 Negara Terkecil di Asia, Salah Satunya Singapura

Senin, 22 Agustus 2022 | 18:30 WIB
header img
5 Negara Terkecil di Asia (Foto: Haveseen/Elements Envato)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Berikut 5 negara terkecil di Asia, ada yang masih lebih luas Jakarta. Asia merupakan benua terluas dimana wilayahnya mencakup 30 persen daratan bumi.  

Meski begitu, ada beberapa negara di benua ini yang masuk dalam daftar negara terkecil di dunia. Lantas, siapa negara terkecil di dunia? Berikut ini ulasannya. 

5 Negara Terkecil di Asia

1. Maladewa 

Maladewa merupakan negara terkecil di Asia dengan luas wilayah sekitar 116 mil persegi atau sekitar 300 kilometer persegi. Dibandingkan dengan Maladewa, Jakarta masih lebih besar dengan luas sekitar 661,5 kilometer persegi. 

Mengutip World Population Review, negara yang berada di ini memiliki jumlah populasi sekitar 540.985 orang. Wilayah ini telah dibagi lagi menjadi 21 atol administratif, yang masing-masing diatur oleh Dewan Atol terpilih. 

2. Singapura 

Memiliki luas wilayah sekitar 719,2 kilometer persegi menjadikan Singapura sebagai negara terkecil di Asia Tenggara. Sedangkan untuk total populasinya adalah sekitar 5,9 juta jiwa. 

Negara tetangga kita ini berhasil memperluas wilayahnya dengan melakukan reklamasi menggunakan tanah yang diambil dari dasar laut, dan perbukitan.

3. Bahrain 

Bahrain menjadi negara terkecil di Asia nomor tiga setelah Maldewa dan Singapura. Luas wilayah Bahrain adalah sekitar 760 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai  1.783.983 jiwa. 

Negara yang terletak di pesisir barat Teluk Persia, kawasan Timur Tengah di Benua Asia bagian barat ini menggantungkan perekonomiannya dari sektor perminyakan

4. Brunei Darussalam 

Negara yang berbagi wilayah dengan Indonesia dan Malaysia di Pulau Kalimantan ini juga masuk negara terkecil di Asia. Luas wilayahnya hanya sekitar 5.765 kilometer persegi.  Selain sebagai salah satu negara terkecil di Asia, Brunei juga menjadi negara dengan penduduk paling sedikit di ASEAN, yakni sekitar 453 ribu jiwa. 

Meski kecil, Brunei masuk jajaran negara terkaya di Asia dengan PDB per kapita sebesar $65.670. Sumber kekayaan negara ini adalah dari cadangan minyak dan gas alam yang sangat melimpah.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut