get app
inews
Aa Read Next : Ijeck Resmikan Masjid Al Musannif ke-43 di Gung Pinto Kabupaten Karo, Ini Harapannya

Gunung Sibuatan Jadi Puncak Tertinggi di Sumatera Utara, Berikut Ulasannya

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 08:00 WIB
header img
Gunung Sibuatan, Puncak Tertinggi di Sumatera Utara Simpan Tumbuhan Obat (Foto: Instagram/gunsipab_officiall) 

KARO, iNewsMedan.id - Gunung Sibuatan berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Karo dengan Kabupaten Dairi. Selain itu, gunung ini juga merupakan puncak tertinggi di Sumatera Utara.

Sebelumnya, Gunung Sinabung tercatat sebagai pemegang predikat gunung tertinggi, yakni 2.460 mdpl. Namun, erupsi di tahun 2010-2016, ketinggian Gunung Sinabung pun berubah menjadi 2.451 mdpl.  
 
Berikut fakta soal Gunung Sibuatan, puncak tertinggi di Sumatera Utara; 

Gunung tertinggi di Sumatera


Gunung Sibuatan, Puncak Tertinggi di Sumatera Utara Simpan Tumbuhan Obat (Foto: Instagram/gunsipab_officiall) 

Gunung Sibuatan resmi menjadi gunung dengan puncak tertinggi yang aman untuk didaki. Tak hanya dikenal dengan julukan tertinggi, Gunung Sibuatan juga menawarkan beragam keunikan lainnya. Yuk, simak apa saja yang wajib kamu ketahui sebelum mendaki gunung satu ini!

Dengan ketinggian 2.457 m dpl atau lebih tinggi dari Gunung Sibayak yang tercatat sebagai gunung berapi aktif yang juga berada di Kabupaten Karo.

Sulit didaki


Gunung Sibuatan, Puncak Tertinggi di Sumatera Utara Simpan Tumbuhan Obat (Foto: Instagram/gunsipab_officiall) 

Keberadaan Gunung Sibuatan masih berada pada deretan Pegunungan Barisan. Untuk mencapai puncak gunung ini membutuhkan waktu sekitar 7-9 jam. Keberadaan hutan rimba Gunung Sibuatan yang sangat lembap dan licin, membuat keberadaanya sangat sukar untuk didaki, khususnya pada musim hujan. 

Simpan tumbuhan obat


Tanaman obat yang ditemukan di Gunung Sibuatan (Foto: Dok USU

Dalam jurnal yang dibuat Mahasiswa Universitas Sumatera (USU) program studi kehutanan yang ditulis Eben Ezer Silabana, Yunus Afifuddinb dan Ridwanti Batubarab memperlihatkan ada 12 jenis tamanan obat yang biasa digunakan warga sekitar. Penelitian tersebut dibuat pada September 2014.  Pengambilan sampel di kawasan Gunung Sibuatan terletak di desa naga lingga, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. 

Disebutkan jika hasil wawancara dengan masyarakat terdapat 12 jenis tumbuhan obat. Jumlah penduduk di desa Naga Lingga sebanyak 851 orang dengan jumlah rumah tangga 190 kepala keluarga sehingga wawancara dilakukan 10 persen dari jumlah rumah tangga yang ada. Namun, peneliti mengidentifikasi jenis tumbuhan obat di kawasan Gunung Sibuatan sebanyak 16 jenis.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut