get app
inews
Aa Read Next : Dua Bocah Perempuan Hanyut Terseret Arus Sungai Percut, Satu Ditemukan Tewas 

Dua Pendaki Tersesat Dua Hari di Gunung Sibuatan, Begini Nasib Keduanya Saat Ini

Minggu, 20 Agustus 2023 | 14:55 WIB
header img
Dua orang pendaki yang sempat dinyatakan hilang di hutan Gunung Sibuatan Desa Pancur Batu, Kec. Merek Situnggaling Kab. Karo sejak Jumat (18/8) kemarin akhirnya pada Minggu (20/8)  pagi tadi ditemukan. (SAR Medan)

KARO, iNewsMedan.id-  Dua orang pendaki yang sempat dinyatakan hilang di hutan Gunung Sibuatan Desa Pancur Batu, Kec. Merek Situnggaling Kab. Karo sejak Jumat (18/8) kemarin akhirnya pada Minggu (20/8)  pagi tadi ditemukan. Keduanya ditemukan dalam keadaan selamat dan sehat. 

Kedua pemuda yakni Ofa Daniel (25) warga Pasaman Sumatera Barat dan Rayzon (25) warga Panai Tonga. 

"Keduanya dinyatakan hilang setelah dilaporkan hilang dari rombongan saat tiba di pos registrasi pasca mendaki ke puncak gunung Sibuatan," ucap  Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono. 

Budiono menjelaskan kronologis kejadian bermula pada Jumat, (18/08/2023) lalu kedua korban bersama tiga orang temannya melakukan pendakian ke puncak gunung Sibuatan melalui jalur Pancur batu. 

Kemudian pada Sabtu (19/08/2023) sekitar Pukul 12.00 Wib, kedua korban dan teman-temannya turun kembali menuju pos registrasi, namun kedua korban sudah tidak bersama rombongan lagi. 

Setelah ditunggu hingga beberapa jam kedua korban tak kunjung kembali dan dilakukan pencarian dan tidak ditemukan kemudian kejadian tersebut dilaporkan ke Kantor Basarnas Medan. 

"Pencarian yang dipimpin oleh Basarnas Medan kemudian membagi seluruh unsur yang terlibat menjadi 2 SRU (Search Rescue Unit) dengan cara penyisiran menggunakan tipe 1 dan tipe 3 kemudian melakukan pelacakan melalui jalur yang dilalui korban saat mendaki dan turun dari puncak gunung Sibuatan, dan pagi tadi sekitar pukul 10.45 Wib, kedua korban akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat dan sehat berada diluar jalur wisatawan berjarak sekitar 4 KM dari lokasi posko utama,"beber Budiono. 

Kedua korban kemudian dibawa menuju posko utama dan menunggu penjemputan pihak keluarga.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut