get app
inews
Aa Read Next : Pria di Majalengka Bakar Mobil dan Rumah Mantan Istri, Diduga Cekcok soal Rumah Tangga

Ini 5 Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam

Jum'at, 29 Juli 2022 | 15:52 WIB
header img
Cara mengatasi mobil terkunci dari dalam (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Pemilik kendaraan perlu mengetahui cara mengatasi mobil terkunci dari dalam. Hal ini guna mengatasi jika sewaktu-waktu kejadian tak diinginkan tersebut terjadi.

Masalah tersebut dapat terjadi apabila pemilik meninggalkan meninggalkan kunci di dalam. Hal itu tentu akan semakin merepotkan apabila pintu mobil dalam kondisi terkunci.

Kondisi tersebut biasanya memaksa pemilik kendaraan harus membobol pintu mobil. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan jika mobil terkunci dari dalam.

Namun, cara-cara berikut ini harus dilakukan dengan ekstra sabar, tidak panik, dan hati-hati. Sebelum terburu-buru memanggil tukang kunci, cara ini perlu dicoba dan dapat menjadi solusi.

Dilansir iNews.id dari Auto2000, Selasa (12/7/2022), berikut ini adalah cara mengatasi mobil terkunci dari dalam.

1. Menggunakan Tangkai Besi

Tangkai besi dalam ukuran tertentu sebenarnya dapat digunakan untuk membuka pintu mobil yang terkunci. Tangkai besi tersebut dipakai untuk mendorong tombol kunci pada pintu mobil otomatis.

Caranya adalah dengan memasukkan tangkai besi tersebut pada celah pintu mobil, tepatnya di antara karet. Setelah itu, rasakan sehingga dapat menekan tombol kunci pintu otomatisnya.

2. Memakai Penggaris

Penggaris juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah mobil terkunci dari dalam. Namun, penggaris yang dipakai tentu harus dari material kuat seperti besi atau alumunium.

Cara melakukannya adalah dengan menyelipkan penggaris lewat celah karet yang ada pada kaca mobil. Karet tersebut biasanya memang mudah dilepas dan dipasang kembali. Oleh sebab itu, pemilik kendaraan tidak perlu khawatir bagian tersebut mengalami kerusakan.

Setelah penggaris masuk cukup dalam dan menemukan bagian panel kunci, geser dan rasakan titik panel tersebut dengan melihat pergerakannya. Setelah itu, tekan handle pintu guna mencari batang yang saat ditekan bakal naik atau turun layaknya pegas. Cara ini harus dilakukan dengan sabar dan berhati-hati.

3. Menggunakan Obeng

Bisa dibilang, cara ini sebenarnya sama dengan mencungkil atau membobol pintu mobil dengan sedikit kasar. Caranya buka ruang di dalam kunci pintu mobil kemudian masukkan alat pencungkil. Setelah itu, dorong pencungkil pintu tersebut supaya kunci dapat tertarik dari dalam.

4. Menggunakan Tali

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan tali. Untuk melakukannya, buat simpul kecil yang ketat pada tali. Kemudian masukkan tali tersebut melalui celah kecil yang ada di pinggir pintu. 

Setelah masuk, arahkan simpul tersebut ke kunci mobil kemudian tarik secara perlahan. Tidak perlu buru-buru atau menariknya dengan kasar lantaran hal itu dapat membuat tuasnya menjadi rusak.

5. Menggunakan Bola Tenis

Siapa sangka, bola tenis dapat menjadi solusi untuk pintu mobil yang terkunci dari dalam. cara melakukannya yakni dengan melubangi bola tenisnya terlebih dahulu. Lubagi bola tidak terlalu besar atau lebar.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut