get app
inews
Aa Read Next : Tips Mempersiapkan Dana Pernikahan Impian Tanpa Overbudget, Begini Kata Pakar Perencanaan Keuangan

4 Tips Mencegah Munculnya Karang Gigi

Selasa, 26 Juli 2022 | 18:15 WIB
header img
Ilustrasi Karang Gigi. (Foto: Shutterstock)

TIPS mencegah munculnya karang gigi ini perlu diketahui. Pasalnya, karang gigi kerap dikeluhkan banyak orang. 

Tapi, karena kebiasaan buruk seseorang maka bisa saja timbul karang gigi. Munculnya karang gigi tentunya dapat sangat mengganggu penampilan, maka itu penting untuk mengetahui bagaimana cara untuk mencegahnya.

Karang gigi merupakan akumulasi plak dan mineral dari air liur yang mengeras dan membuat lapisan baru selimut di gigi. Biasanya, karang gigi ini dapat berwarna kuning, cokelat, hingga hitam dan mengendap di belakang atau pada sela-sela gigi.

Karang gigi juga sering disertai oleh masalah lainnya, seperti bau mulut, gusi berdarah, gigi sensitif, dan gigi berlubang yang perlu dicabut. Cara paling efektif untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan tindakan pembersihan kerak atau scaling oleh dokter gigi di klinik maupun di rumah sakit.

Plak yang telah menjadi karang dan menebal, akan sangat keras dan melekat pada gigi sehingga sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu, prosedur pembersihan karang perlu dilakukan oleh dokter gigi dengan menggunakan alat khusus.

Untuk mengurangi kemungkinan munculnya karang gigi, simak beberapa tips pencegahannya di bawah ini.

Rajin menyikat gigi

Plak dapat mengeras menjadi karang gigi hanya dalam hitungan jam, maka itu biasakanlah untuk menyikat gigi sebanyak dua kali dalam sehari. Kemudian, lakukan sikat gigi setidaknya selama dua menit.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut