get app
inews
Aa Read Next : Tips Mempersiapkan Dana Pernikahan Impian Tanpa Overbudget, Begini Kata Pakar Perencanaan Keuangan

Tips Membuat Tongseng Kambing Lezat

Jum'at, 30 Juni 2023 | 17:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Letsgeteaton)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Menu tongseng kambing menjadi hidangan tepat untuk keluarga pada momen Hari Raya Idul Adha.

Pada Perayaan Idul Adha kali ini, Anda dapat jatah daging kambing kurban? Kalau iya, tidak ada salahnya untuk mengolah daging kambing jadi tongseng, lho.

Bukan cuma enak, tongseng kambing juga dipercaya lebih rendah kolesterol karena proses pengolahan dengan cara direbus. Tidak hanya itu, ada sayuran di dalam menu ini, sehingga tetap ada serat yang masuk ke dalam tubuh.

Tapi, mengolah daging kambing untuk jadi tongseng ternyata perlu trik khusus. Ini penting untuk diketahui, apalagi buat Anda yang khawatir daging kambing akan bau atau alot.

Chef Gilang Ramadhano mengatakan, setidaknya ada dua hal penting yang perlu diperhatikan saat masak tongseng kambing. Pertama adalah soal penggunaan daging. Chef Gilang merekomendasikan untuk menggunakan daging segar, ketimbang daging presto.

"Kalau pakai daging kambing presto, banyak kaldu alami yang akan hilang," kata Chef Gilang saat ditemui di acara Moorlife Berbagi Kasih: Berbagi Berkah Qurban di 38 Provinsi di kawasan Tangerang Selatan, Kamis (29/6/2023).

"Sedangkan, kaldu alami yang keluar dari rebusan daging segar akan membuat rasa tongseng lebih gurih dan enak. Itu yang gak akan didapat kalau pakai daging presto," ujarnya.

Selain penggunaan jenis daging, hal penting lain yang perlu diperhatikan jika mau memasak tongseng kambing adalah penggunaan jenis tomat. Ya, siapa sangka tomat punya andil besar dalam menu tongseng.

"Gak afdol kalau tongseng gak pakai tomat dan kol. Tapi, kalau mau lebih enak, pilih tomat merah ketimbang tomat hijau," saran Chef Gilang.

Menurut chef yang datang langsung dari Surabaya, Jawa Timur, tomat merah lebih tinggi aciditinya ketimbang tomat hijau. Rasa asam yang kuat itu bisa memberi rasa yang segar di tongseng.

Tidak hanya ngaruh ke rasa yang lebih enak, aroma dan penampilan tongseng juga bisa lebih baik.

"Kalau pakai tomat merah, warna dari makanan bisa lebih menggiurkan. Selain itu, bau daging kambingnya bisa semakin tertutupi karena rasa asam yang kuat. Jadi itu alasan kenapa mending pakai tomat merah untuk tongseng ketimbang tomat hijau," tuturnya.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Cara Membuat Tongseng Kambing dari Daging Kurban, Ini Tips agar Rasanya Lezat!

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut