get app
inews
Aa Read Next : Ijeck Prediksi Indonesia Menang Lawan Uzbekistan dengan Skor 3-2

Ini Daftar Negara yang Banyak Dihuni Orang Indonesia, Salah Satunya Malaysia

Senin, 25 Juli 2022 | 13:30 WIB
header img
Negara di Dunia yang Banyak Dihuni Orang Indonesia- Opera House di Australia (Foto: PIxabay)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia merupakan negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia. Tak heran, apabila banyak masyarakat Indonesia yang menetap di luar negeri.

Menurut Worldmeter, jumlah penduduk Indonesia pada 2022 mencapai 273.523.615 jiwa. Selain itu, penduduk Indonesia juga telah banyak yang melakukan emigrasi ke berbagai negara di dunia. 

Hal ini menjadikan orang Indonesia banyak tersebar di sejumlah negara. Kebanyakan masyarakat Indonesia melakukan emigrasi ke luar negeri dengan tujuan untuk bekerja atau melanjutkan studi.

Lantas, manakah negara di dunia yang banyak dihuni orang Indonesia? Simak ulasan iNews.id berikut ini.

Negara di Dunia yang Banyak Dihuni Orang Indonesia

1. Malaysia

Sebagai negara tetangga Indonesia, Malaysia menempati urutan pertama sebagai negara yang banyak dihuni orang Indonesia.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat Indonesia bermigrasi ke Negeri Jiran ini. 

Selain untuk bekerja dan melanjutkan pendidikan, ada juga faktor historis yang menyebabkan banyak orang Indonesia di Indonesia.

Diantaranya adalah karena perpindahan orang-orang Bugis, Jawa dan lainnya ke wilayah Kesultanan Malaka dengan tujuan berdagang. Selain itu, ada pula alasan untuk menyelamatkan diri. 

Seperti yang dilakukan oleh orang-orang Mandailing dan Minangkabau untuk menghindari konflik Perang Paderi. Hingga kini, jumlah orang Indonesia yang tinggal di Malaysia diperkirakan berjumlah 2,5 juta orang.

2. Singapura

Negara tetangga Indonesia yang satu ini juga ternyata banyak dihuni oleh orang Indonesia. Diperkirakan, terdapat sekitar 200 ribu orang Indonesia di Singapura.

Wilayah Singapura yang berdekatan dengan Indonesia menjadikan negara ini sebagai tempat liburan dan mencari nafkah oleh WNI.

3.  Australia 

Berdasarkan sejarah, keberadaan orang Indonesia di Singapura bermula dari nenek moyang kita yang ternyata sudah melakukan penjelajahan di sepanjang garis pantai Australia.

Sekitar tahun 1900-an. para pelaut Bugis melakukan pelayaran ke Australia menggunakan kapal Pinisi. Aktivitas pelayaran ini kemudian menjadi rutinitas setiap tahun. Dari sanalah awal mula banyak orang Indonesia di negara Kanguru itu. 

Sedangkan di masa modern saat ini, banyak orang Indonesia yang hijrah ke Australia untuk bekerja maupun meneruskan studi. 

Diperkirakan jumlah orang Indonesia yang tinggal di Australia berjumlah sekitar 1.900 jiwa.

4. Suriname

Suriname adalah sebuah negara di Amerika Selatan dan merupakan negara bekas jajahan Belanda. Sama-sama pernah dijajah Belanda, Suriname menjadi salah satu negara di dunia yang banyak dihuni orang Indonesia. 

Hal ini bermula pada masa penjajahan Belanda yang saat itu mengirimkan sekitar 90 ribu orang Indonesia ke Suriname untuk menjadi buruh tani.

Mayoritas orang Indonesia yang dikirim kesana berasal dari tanah Jawa. Mereka pun akhirnya menetap di sana dalam dalam jangka waktu yang lama dan bahkan masih eksis hingga saat ini.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut