get app
inews
Aa Read Next : HKN ke-59, Dinkes Sumut Upaya Penyelesaian Empat Masalah Kesehatan Utama 

Perut Sering Begah Bisa Jadi Gejala Penyakit Ini, Yuk Disimak

Sabtu, 23 Juli 2022 | 08:30 WIB
header img
Ilustrasi Perut Kembung. (Foto: Shutterstock)

PERUT perih atau begah menjadi salah satu gejala yang menyebabkan adanya gangguan pada lambung. Diketahui, organ lambung memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Organ ini memiliki tiga fungsi utama, yaitu menyimpan makanan sebelum disalurkan ke organ pencernaan selanjutnya, memecah makanan melalui gerakan peristaltik, dan mencerna sekaligus menghancurkan makanan dengan bantuan enzim.

Apabila salah satu dari fungsi tersebut mengalami gangguan, seseorang yang mengalaminya biasanya akan merasakan berbagai gejala berikut ini:

- Perut kembung dan begah

- Perut terasa perih

- Mual

- Muntah

- Sendawa

- Kram perut

Berbagai gejala di atas bisa sangat mengganggu aktivitas. Bila dibiarkan terjadi berkelanjutan atau tanpa pengobatan, keluhan bisa bertambah parah dan benar-benar menurunkan kualitas hidup Anda. Beberapa gangguan lambung yang bisa terjadi pada siapa saja, antara lain:

Gastritis

Gastritis adalah suatu keadaan saat dinding lambung mengalami peradangan karena produksi asam lambung yang tinggi. Kondisi ini bisa terjadi akibat konsumsi obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) berlebih, konsumsi minuman beralkohol. dan adanya infeksi bakteri Helikobakter pilori.

Gastroparesis

Gastroparesis adalah gangguan lambung yang terjadi karena kerja lambung mengalami perlambatan saat mencerna makanan. Kondisi ini sering terjadi pada penderita penyakit diabetes.

Apabila tidak segera ditangani, gastroparesis bisa menyebabkan penurunan berat badan secara drastis. Kondisi ini tentunya juga meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan lainnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut