get app
inews
Aa Read Next : Siap Lawan Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut, Ijeck: Jangan Ada Pola-pola Fitnah

Investor Respon Upaya Wagubsu Percepat Ruas Tol Kisaran-Dumai

Jum'at, 22 Juli 2022 | 19:29 WIB
header img
Pemilik PT Citra Marga Nusaphala Persada Jusuf Hamka bersama Wakil Gubernur Sumatera Utara menghadiri rapat pembangunan ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang digelar di Jakarta. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Pemilik PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP), Jusuf Hamka merespon upaya Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah yang ingin mempercepat pembangunan ruas tol Kisaran- Rantauprapat- Dumai pada 2023 mendatang.

Hal itu terkait dalam rapat pembangunan ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang digelar di Jakarta. Selain Jusuf Hamka dan Musa Rajekshah, hadir juga dalam acara itu, Asisten Deputi (Asdep) Strategi dan Kebijakan Percepatan Investasi Kemenko Marves Ferry Akbar Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Sumut, Harun Mustafa Nasution, Irham Buana Nasution dan Anggota DPRD Sumut, Dody Taher serta lainnya.

Musa mengatakan, pertemuan ini adalah pertemuan lanjutan dalam rangka membahas berbagai opsi investasi pembiayaan Jalan Tol Trans Sumatera, khususnya Ruas Dumai- Rantauprapat- Kisaran. 

Menurut Musa, pembangunan ruas ini harus dipercepat karena memiliki nilai ekonomi yang sangat menjanjikan. Apalagi ruas ini merupakan koridor industri agribisnis, terutama Crude Palm Oil (CPO). 

"Dengan tersambungnya ruas ini maka multiplier effect nya adalah penguatan jalur pasok CPO untuk memenuhi kebutuhan nasional dan ekspor yakni melalui Pelabuhan Belawan dan Dumai," ujarnya, Jumat (22/7/2022).

Tak hanya itu, dengan terbangunnya ruas tol Kisaran-Rantauprapat- Dumai tersebut, maka Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei dan Pelabuhan Kuala Tanjung serta Pelabuhan Dumai akan semakin berkembang.

"Merujuk pada banyaknya perkebunan kelapa sawit dan pabrik pengolahan kelapa sawit serta kegiatan agrobisnis lainnya pada Ruas Dumai-Kisaran, keberadaan JTTS akan mendorong pula tumbuhnya sentra-sentra ekonomi baru yang akan berkontribusi terhadap PDB nasional," kata pria yang akrab disapa Ijeck tersebut.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut