get app
inews
Aa Read Next : 5 Provinsi dengan Kasus Sifilis Terbanyak di Indonesia, Salah Satunya Bali

Ini 4 Manusia Raksasa Tercatat Dalam Sejarah Dunia

Rabu, 20 Juli 2022 | 09:30 WIB
header img
Manusia Raksasa yang Tercatat dalam Sejarah Dunia- Sandy Allen (Foto: Mental Floss)

JAKARTA, iNews.id - Sejarah mencatat ada beberapa manusia raksasa yang hidup di dunia. Di mana, ukuran tubuhnya lebih besar dibandingkan manusia pada umumnya.

Hal ini dikarenakan mereka mengalami suatu kondisi yang disebut gigantisme. Yakni sebuah penyakit yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan tidak normal, seperti sangat tinggi dan besar.

Kondisi yang tergolong langka ini disebabkan oleh produksi hormon pertumbuhan yang berlebihan.

Hal inilah yang dialami oleh deretan manusia raksasa yang tercatat dalam sejarah dunia berikut ini.

Manusia Raksasa yang Tercatat dalam Sejarah Dunia

1. Sandy Allen

Sandy Allen merupakan wanita asal Amerika Serikat yang tercatat dalam Guinness World Records sebagai wanita tertinggi di dunia.

Pemilik nama lengkap Sandra Elaine Allen ini memiliki tinggi mencapai 2,31 meter. Dikutip dari ABC News, kondisi Allen ini disebabkan oleh adanya tumor yang menyebabkan kelenjar pituitarinya memproduksi terlalu banyak hormon pertumbuhan. 

Tubuhnya yang besar mendatangkan berbagai masalah kesehatan, seperti susah bernafas, sering infeksi, gagal ginjal, hingga diabetes. 

Sandy Allen meninggal di usia ke-53.

2.  John F Carroll

John Francis Carroll lahir di Buffalo pada 1932. Dalam situs The Tallest Man, Carroll disebut sebagai orang tertinggi ketiga sepanjang masa.

Carroll memiliki tinggi mencapai 8 kaki atau 2,44 meter. Namun jika tidak mengalami masalah pada tulang punggungnya yang melengkung, tinggi Carroll disebut bisa mencapai 8 kaki 7,75 inci atau 2,63 meter.

John F Carroll meninggal pada Agustus 1969, karena gagal ginjal, setelah kalsium yang berlebihan menyumbat ginjalnya. 

3. Sultan Kosen

Sultan Kosen merupakan pria asal Turki yang memiliki tinggi 2,51 meter. Guinness World Records bahkan mencatat Kosen sebagai pria tertinggi yang masih hidup.

Selain itu, Sultan Kosen juga memegang rekor sebagai pemilik tangan terbesar, dimana masing-masing tangannya berukuran 28,5 cm yang diukur dari pergelangan tangan hingga ujung jari tengah.

Sebelumnya, Sultan Kosen juga memegang rekor sebagai pemilik kaki terbesar, meski rekor ini kemudian dipegang oleh Jeison Orlando Rodriguez dari Venezuela.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut