get app
inews
Aa Read Next : 9 Jenis Penyakit yang Berisiko Dialami Pemakan Daging Babi

5 Provinsi dengan Kasus Sifilis Terbanyak di Indonesia, Salah Satunya Bali

Rabu, 07 Juni 2023 | 14:45 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Peggy Marco/Pixabay)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas provinsi dengan kasus sifilis terbanyak di Indonesia. Salah satunya, Bali.

Ya, Kementerian Kesehatan membuka data soal kasus sifilis di Indonesia secara gamblang. Dari data yang diterima MNC Portal, 5 provinsi dengan kasus sifilis terbanyak didominasi kota besar.

Hal ini kemungkinan dipengaruhi juga oleh faktor kemudahan akses tes sifilis di klinik wilayah tersebut. Di sisi lain, faktor kebiasaan seks tidak sehat, seperti tidak pakai kondom atau bergonta-ganti pasangan, bisa jadi penyumbang masalah yang sejatinya perlu untuk dikendalikan.

So, berikut ini 5 provinsi dengan kasus sifilis terbanyak di Indonesia menurut data resmi Kementerian Kesehatan 2022 yang diterima MNC Portal.

1. Papua

Kementerian Kesehatan mencatat bahwa Provinsi Papua menjadi provinsi paling banyak ditemukan kasus sifilis sepanjang 2022. Data mencatat, kasus sifilis di sini sebanyak 3.864 kasus dari 34.625 pemeriksaan. Sedih, hanya 2.373 pasien yang mendapat pengobatan, sisanya tidak mencari bantuan medis.

2. Jawa Barat

Di urutan kedua ada Jawa Barat dengan 3.186 kasus sifilis ditemukan sepanjang 2022. Dari jumlah itu, hanya 1.500 pasien yang mendapat pengobatan. Jumlah kasus ditemukan dari 305.816 tes.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut