get app
inews
Aa Read Next : Kadis Kesehatan Deliserdang: Olahraga Pondasi Kesehatan

Jangan Panik, Begini Pertolongan Pertama kepada Orang Tersedak

Kamis, 14 Juli 2022 | 09:30 WIB
header img
Orang tersedak (Foto: Shutterstock)

ORANG yang sedang tersedak biasanya terjadi pada saat makan. Selain itu, tersedak juga bisa berakibat fatal hingga kematian bila tak mendapatkan pertolongan.

Perlu diketahui, tersedak sendiri akibat tersumbatnya trachea (batang tenggorok) oleh benda asing, muntah, atau cairan lain.

Gejala dari tersedak antara lain:

-Tidak dapat berbicara atau menjerit

-Wajah membiru akibat kekurangan oksigen

-Penderita seperti tercekik

-Batuk dan pernapasan yang dipaksakan menimbulkan suara hempasan yang tinggi.

Jadi di dalam tubuh kita terdapat tenggorokan. Tenggorokan kita mempunyai dua saluran, yaitu kerongkongan dan trachea. Kerongkongan (jalan makan) berfungsi memasukkan makanan dalam perut.

Saat kita makan atau minum, pita suara ini tertutup yang mencegah makanan masuk ke saluran pernapasan. Tersedak adalah suatu proses dimana makanan salah masuk jalur, masuk ke trachea yang merupakan jalan napas.

Dokter Spesialis Paru-paru Dr dr Agus Dwi Susanto menjelaskan, tidak menampik bahwa tersedak juga bisa menjadi penyebab kematian seseorang. Hal ini terjadi karena masuknya benda asing hingga menyumbat saluran pernapasan.

"Akibat sumbatan yang terjadi itu menyebabkan seseorang itu sesak napas dan sulit bernapas. Bahkan kalau sumbatan total bisa menyebabkan asfiksia, sesak napas berat yang akhirnya seseorang yang tersedak tidak bisa napas sama sekali hingga akhirnya meninggal dunia karena saluran napas tersumbat," jelas dr Agus Dwi Susanto, seperti dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa orang yang tersedak harus segera mendapat pertolongan pertama untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke saluran pernapasan tersebut.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut