get app
inews
Aa Read Next : Vespa 946 Dragon, Motor Edisi Terbatas dengan Motif Naga Berwarna Hijau Emerald

Berikut Negara dengan Pengguna Sepeda Motor Terbanyak di Dunia, Nomor 3 Indonesia

Jum'at, 08 Juli 2022 | 08:00 WIB
header img
Ilustrasi pengguna sepeda motor (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang memiliki banyak kegunaan, seperti mengantar barang ataupun sebagai kendaraan pribadi.

Sepeda motor juga terbilang fleksibel untuk menuju suatu tempat dalam waktu yang singkat. Maka dari itu masih banyak yang menggunakannya di berbagai negara di dunia.

Kendaraan ini umumnya digunakan di negara berkembang karena harganya yang terjangkau. Di Indonesia sendiri penggunaan sepeda motor sangat banyak, karena moda angkutan umum yang masih belum memadai untuk wilayah-wilayah tertentu. Tidak hanya di Indonesia, berikut ini negara-negara dengan pengguna sepeda motor terbanyak.

1. Thailand

Thailand menjadi negara dengan pengguna sepeda motor terbanyak di dunia. Menurut Pusat Penelitian Pew, 87 persen rumah tangga di Thailand memiliki minimal satu sepeda motor. Negara ini sampai memiliki julukan sebagai “negeri 100 juta skuter” karena banyaknya sepeda motor dari berbagai merek. BBC memaparkan bahwa terdapat 21 juta motor di Thailand, dengan 20 juta motor yang terdaftar dan satu juta lagi tidak terdaftar. Dari jumlah pengguna sepeda motor tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa angka kematian akibat kecelakaan motor juga menduduki posisi tertinggi, yakni mencapai rata-rata 5.000 kematian setiap tahun.

2. Vietnam

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, masyarakat di Vietnam banyak menggunakan sepeda motor. Sepeda motor di negara ini mencapai 86 persen atau sekitar 45 juta sepeda motor, dengan populasi penduduk mencapai 90 juta orang. Kemacetan menjadi salah satu hal biasa di negara ini, seperti di jalan ibu kota Hanoi, terdapat 5 juta sepeda motor setiap harinya. Penjualan sepeda motor di negara ini juga terus mengalami peningkatan. Setiap rumah di Vietnam memiliki setidaknya satu sepeda motor.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut