Strategi Pemasaran Inovatif untuk UMKM Lokal
Heru Widodo menjelaskan bahwa kehadiran vending machine ini adalah langkah strategis untuk memperluas jangkauan pasar produk UMKM Danau Toba. "Vending machine ini menjadi salah satu tempat bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk olahannya, sehingga dapat dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung," ujar Heru.
Pemilihan Danau Toba sebagai lokasi pertama bukan tanpa alasan. Menurut Heru, Danau Toba adalah "titik konektivitas pariwisata", yang memungkinkan wisatawan mengenal lebih dekat produk-produk berkualitas tinggi dari masyarakat lokal. Program ini juga merupakan bagian dari inisiatif Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) ASDP, yang berfokus pada pembinaan masyarakat dan membantu pemasaran produk mereka.
Kemudahan berbelanja juga menjadi nilai tambah, sebab mesin ini sudah dilengkapi dengan metode pembayaran digital QRIS, memungkinkan transaksi yang simpel dan efisien.
Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta
Artikel Terkait