MEDAN, iNewsMedan.id- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatera Utara mencatat telah melayani 618.428 penumpang pada triwulan I 2025, meningkat 6 persen dibanding periode yang sama tahun 2024 yang berjumlah 584.254 penumpang.
Vice President KAI Divre I Sumut, Sofan Hidayah, mengatakan peningkatan volume penumpang ini ditopang oleh momen angkutan Lebaran Idulfitri yang jatuh di akhir Maret 2025.
“Capaian ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api yang terus berkembang. Masyarakat semakin sadar pentingnya menggunakan transportasi publik yang efisien dan ramah lingkungan,” kata Sofan, Jumat (25/4).
Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelanggan, serta menegaskan komitmen KAI untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan perjalanan.
Rinciannya, KA Putri Deli (Medan–Tanjungbalai PP) melayani 302.330 penumpang, KA Sribilah Utama (Medan–Rantau Prapat PP) sebanyak 172.042 penumpang, KA Siantar Ekspres (Medan–Siantar PP) 116.355 penumpang, dan KA Datuk Belambangan (Tebing Tinggi–Lalang PP) 27.701 penumpang.
Tiga stasiun keberangkatan dengan jumlah penumpang tertinggi adalah Stasiun Medan (224.880 penumpang), Kisaran (68.451), dan Tanjungbalai (56.365). Untuk kedatangan tertinggi juga dipimpin Stasiun Medan (223.852), disusul Kisaran (68.638), dan Tanjungbalai (60.834).
Mayoritas penumpang, sebanyak 470.694 orang atau 76 persen, menggunakan layanan kereta api kelas ekonomi. Terdiri dari 326.638 penumpang KA jarak jauh ekonomi dan 144.056 penumpang KA lokal ekonomi.
“Ini menunjukkan kereta api tetap menjadi moda transportasi yang inklusif dan terjangkau bagi masyarakat luas,” ucap Sofan.
Capaian ini turut didukung oleh subsidi public service obligation (PSO) dari Kementerian Perhubungan guna memperluas akses transportasi publik.
KAI juga mengimbau pelanggan untuk merencanakan perjalanan sejak dini melalui aplikasi Access by KAI. Pemesanan dapat dilakukan mulai H-45 untuk KA jarak jauh dan H-7 untuk KA lokal. Sementara pembelian di loket masih tersedia untuk go-show, dibuka tiga jam sebelum keberangkatan selama tiket masih tersedia.
“Kami terus meningkatkan layanan baik di stasiun maupun di atas KA, dan mengutamakan keselamatan dalam mewujudkan transportasi yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan,” tutup Sofan.
Editor : Ismail
Artikel Terkait