MEDAN, iNewsMedan.id - Setiap awal bulan, Jabbar Muhammad Lubis (30) memiliki satu rutinitas yang tak pernah absen, mengecek daftar tagihan rumah tangga. Listrik, air PDAM, hingga tagihan internet yang mendukung pekerjaannya sebagai aparatur sipil negara (ASN), semuanya harus dibayar tepat waktu.
Jabbar, warga Jermal, Medan Denai, telah menjadi nasabah Bank BRI sejak tahun 2022. Sebagai seseorang yang kini hidup sendiri setelah orang tuanya berpulang, Jabbar mengakui bahwa kemandirian membuatnya semakin sadar akan pentingnya kepraktisan dalam kehidupan sehari-hari.
“Sekarang semua saya urus sendiri. Dari belanja sampai bayar tagihan. Karena itu saya cari cara biar semuanya bisa lebih ringkas dan cepat,” ujarnya pada Sabtu (19/4/2025).
BRImo, aplikasi digital banking dari Bank BRI, hadir sebagai solusi bagi orang-orang seperti Jabbar, yang dituntut cepat, efisien, dan tetap rapi dalam mengelola keuangan pribadi. Beragam tagihan bulanan kini dapat diselesaikan hanya lewat satu aplikasi di ponsel pintar.
“Saya tinggal buka BRImo, pilih jenis tagihan, masukkan nomor pelanggan, dan selesai. Nggak perlu ke ATM atau minimarket lagi Listrik, air semuanya beres dalam beberapa menit.” katanya.
Bagi Jabbar, waktu adalah hal yang tak ternilai. Tugas sebagai ASN menuntutnya fokus dan disiplin, sehingga mengurus keperluan rumah tangga secara digital adalah keputusan yang ia anggap cerdas dan efisien.
Jabbar juga menekankan bahwa setelah hidup sendiri, ia harus lebih mandiri dalam banyak hal. Mulai dari mengatur jadwal, keuangan, hingga urusan rumah tangga yang dulunya biasa dibantu keluarga.
“BRImo membantu saya untuk tetap on track. Saya bisa pantau semua pengeluaran dan tagihan, jadi gak ada yang terlewat. Ini penting banget buat saya yang harus atur semuanya sendirian,” ungkapnya.
Ia juga mengaku lebih nyaman karena tidak perlu lagi menyimpan banyak bukti fisik pembayaran. Semua riwayat transaksi tersimpan otomatis di aplikasi, rapi dan mudah diakses kapan pun dibutuhkan.
Dalam keseharian, Jabbar hanya perlu membuka BRImo untuk menyelesaikan semua tagihan rutin, seperti Listrik PLN dengan memasukkan nomor meteran, konfirmasi, lalu selesai. Kemudian tagihan PDAM dengan cara pilih wilayah, input nomor pelanggan, dan bayar. Terakhir ada biaya kebutuhan Internet, dengan cara pilih provider, masukkan ID pelanggan, klik bayar.
Seluruh proses ini dapat dilakukan dalam waktu kurang dari lima menit, bahkan sambil menyeruput kopi pagi atau menunggu waktu salat.
Tak hanya itu, BRImo juga Jabbar manfaatkan untuk kebutuhan transfer harian, baik untuk urusan pribadi maupun pekerjaan. Ia kerap mengirim uang ke keponakan maupun rekan kerja, cukup dari genggaman tangan. Semua bisa dilakukan tanpa harus repot ke bank atau antri di mesin ATM.
“Saya juga sering transfer lewat BRImo. Kalau ada keluarga butuh atau ada urusan kantor, tinggal ketik nomor rekening dan selesai. Cepat banget,” ujarnya.
Selain itu, Jabbar adalah pengguna kartu kredit BRI. Penggunaan dan pelunasan tagihannya juga ia kelola langsung dari BRImo. Fitur pelacakan limit dan tagihan membantu Jabbar tetap teratur dalam mengelola keuangan pribadi dan tak khawatir soal keterlambatan.
“Saya bisa cek limit dan bayar tagihan kartu kredit langsung di BRImo juga. Semua ada di satu tempat, jadi gak ribet,” tambahnya.
Kini, Jabbar tak bisa membayangkan kembali ke cara-cara lama yang merepotkan. Baginya, BRImo bukan hanya aplikasi keuangan, tapi juga teman digital yang membuat hidup lebih teratur dan tenang.
“Buat saya, BRImo itu seperti asisten pribadi yang selalu siap membantu. Tinggal buka aplikasi, semuanya bisa saya kontrol dari sana,” katanya sambil tersenyum.
Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, BRImo bukan sekadar alat transaksi, tapi juga cerminan gaya hidup digital yang makin dibutuhkan masyarakat modern. Bagi mereka yang hidup sendiri, penuh mobilitas, dan butuh efisiensi seperti Jabbar, BRImo jelas bukan pilihan, melainkan kebutuhan.
Editor : Chris
Artikel Terkait