Antisipasi lonjakan arus penumpang juga menjadi perhatian utama Pelindo Multi Terminal. Delapan terminal penumpang yang dikelola, yaitu Tanjungpinang, Sibolga, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Emas, Gresik, Lembar, Bima, dan Parepare, telah dipastikan kesiapan layanan, personel, dan fasilitasnya agar dapat beroperasi secara optimal.
Terminal penumpang tersebut telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung kenyamanan dan keamanan penumpang, seperti ruang tunggu keberangkatan, area kedatangan, ruangan VIP, barrier gate, ruangan laktasi, ruangan pelayanan medis, area parkir, tempat ibadah, ketersediaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), serta fasilitas yang ramah bagi penumpang disabilitas di beberapa terminal.
Lebih lanjut, Posko Angkutan Lebaran yang dikoordinasikan oleh Kementerian Perhubungan bersama dengan berbagai pemangku kepentingan di pelabuhan akan beroperasi selama 24 jam. Posko ini berfungsi sebagai pusat pengawasan, koordinasi, dan informasi untuk memantau kondisi kenyamanan dan keselamatan penumpang.
"Berbagai upaya dilakukan Perusahaan dengan persiapan matang serta berkoordinasi intens dengan para stakeholders untuk dapat melayani masyarakat dalam arus mudik Lebaran 2025, diharapkan dapat memberikan pengalaman mudik yang aman, nyaman, dan menyenangkan sehingga dapat merasakan Lebaran di kampung halaman," tutup Arif.
Dengan persiapan yang matang dan koordinasi yang intensif, Pelindo Multi Terminal Grup optimis dapat memberikan kontribusi positif dalam kelancaran arus logistik dan mudik Lebaran tahun ini.
Editor : Jafar Sembiring
Artikel Terkait