Lebih dari 93 Ribu Tiket KA Lebaran di Sumut Terjual, Ini Sisa Kuotanya

Ismail
Suasana Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2025 yang digelar KAI Divre I Sumut di Halaman Kantor Divre I Sumut pada Senin (24/3).

MEDAN, iNewsMedan.id- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara (KAI Sumut) mencatat tingginya animo masyarakat dalam menggunakan transportasi kereta api selama masa angkutan Lebaran 2025. Hingga 24 Maret 2025 pukul 09.00 WIB, sebanyak 93.080 tiket KA Jarak Jauh telah terjual atau 53% dari total kapasitas yang disediakan sebanyak 175.912 tiket.

Manager Humas KAI Divre I Sumut, M. As'ad Habibuddin, menjelaskan bahwa berdasarkan tren pemesanan, puncak penjualan tiket terjadi pada H-3 Lebaran atau 28 Maret 2025, dengan jumlah tiket terjual sebanyak 5.784 tiket. Adapun rincian tiket yang telah terjual terdiri dari 70.166 tiket untuk KA Putri Deli relasi Medan - Tanjung Balai PP dan 22.914 tiket untuk KA Sribilah Utama relasi Medan - Rantau Prapat PP.

“Kami mengimbau masyarakat yang belum mendapatkan tiket sesuai tanggal keberangkatan yang diinginkan untuk mempertimbangkan alternatif jadwal perjalanan lainnya guna meningkatkan peluang memperoleh tiket,” ujar As’ad, Senin 24 Maret 2025.

Sementara itu, untuk KA Lokal, tren penjualan tiket cenderung meningkat mendekati hari keberangkatan karena pola pembelian masyarakat yang lebih spontan. Tiket KA Lokal sendiri baru bisa dipesan mulai H-7 sebelum jadwal keberangkatan.

Dalam rangka memastikan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2025, KAI Sumut menggelar Apel Gelar Pasukan di Halaman Kantor Divre I Sumut pada Senin (24/3). Apel ini dipimpin langsung oleh Vice President KAI Divre I Sumut, Sofan Hidayah, sebagai bentuk komitmen KAI dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan selama 22 hari masa Angkutan Lebaran yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April 2025.

“KAI telah mempersiapkan seluruh aspek operasional untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik dengan mengedepankan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pelanggan,” ujar Sofan Hidayah.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, KAI Sumut menambah 61.688 tempat duduk selama masa angkutan Lebaran 2025. Penambahan tersebut mencakup tambahan dua perjalanan KA Sribilah Utama Fakultatif relasi Medan – Rantau Prapat PP setiap hari, serta penambahan rangkaian di setiap perjalanan KA Sribilah Utama reguler relasi Medan – Rantau Prapat PP dengan satu kereta eksekutif dan satu kereta bisnis, KA Putri Deli relasi Medan – Tanjung Balai PP dengan satu kereta ekonomi, serta KA Siantar Ekspres relasi Medan – Siantar PP dengan satu kereta ekonomi.

Selain itu, untuk meningkatkan keamanan dan pelayanan, KAI Sumut menambah 71 personel operasional yang bertugas sebagai penjaga perlintasan sebidang, petugas pemeriksa jalur, dan petugas di daerah rawan. KAI juga menyiagakan 350 petugas pengamanan yang terdiri dari personel internal KAI serta aparat TNI/Polri. KAI Sumut juga menghadirkan tujuh Customer Service Mobile (CSM) yang bertugas di Stasiun Medan, Kisaran, dan Rantau Prapat untuk membantu pelanggan dalam proses boarding dan memberikan informasi terkait perjalanan.

Tak hanya memastikan kelancaran operasional dan keamanan, KAI Sumut juga menghadirkan berbagai program khusus bagi pelanggan selama masa angkutan Lebaran 2025, antara lain hadiah bagi penumpang KA Sribilah Utama yang berulang tahun selama masa angkutan Lebaran, pembagian suvenir bagi penumpang KA Sribilah Utama yang beruntung, pemberian tumbler dan meal box ramah lingkungan untuk anak-anak guna mendukung program Eco Green, serta pembagian takjil di Stasiun Medan selama 10 hari terakhir bulan Ramadan.
 

Editor : Ismail

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network