MEDAN, iNewsMedan.id - PT Railink menambah petugas Customer Service Mobile (CSM) di Stasiun Medan dan Kualanamu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama masa Angkutan Lebaran 2025. Langkah ini diambil untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jasa KA Bandara.
Masa Angkutan Lebaran 2025 ditetapkan selama 22 hari, mulai 21 Maret hingga 11 April 2025. Manager Komunikasi Perusahaan KA Railink, Ayep Hanapi, menjelaskan bahwa penambahan petugas CSM bertujuan untuk mempermudah dan membantu melayani pelanggan di stasiun area Medan.
"Selama masa angkutan Lebaran 2025, kami siagakan petugas customer service mobile (CSM) di stasiun area Medan dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal bagi para pelanggan," ujar Ayep, Kamis (13/3/2025).
Petugas CSM akan memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai perjalanan KA Bandara, membantu mencetak boarding pass, memandu penumpang masuk ke kereta, dan memberikan informasi posisi kereta. Mereka juga proaktif mendekati pelanggan untuk memberikan informasi yang tepat dan akurat.
"Petugas CSM bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan kereta api Bandara, memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai perjalanan kereta api Bandara dan hal-hal lain yang berkaitan dengan layanan KA Bandara, dengan cara jemput bola atau mendekati pelanggan di stasiun," tambah Ayep.
Di KA Bandara Medan, Stasiun Medan dan Kualanamu masing-masing mendapat tambahan 4 petugas CSM. Ayep mengimbau pengguna jasa yang membutuhkan informasi tambahan untuk menghubungi petugas CSM yang siaga di stasiun.
"Untuk itu, kami mengimbau kepada para pengguna jasa kereta api yang membutuhkan informasi tambahan saat berada di stasiun, silakan hubungi mereka, karena petugas CSM siaga dan akan mendekati untuk memberikan informasi," katanya.
KA Bandara Medan menyiapkan 4 trainset KRDE Woojin, 1 lokomotif, 6 K3 Premium, dan 1 kereta pembangkit selama libur Lebaran 2025. Kapasitas yang disiapkan mencapai 346.192 tiket untuk periode 21 Maret - 11 April 2025, meningkat 3,87% dibandingkan tahun 2024.
"KA Bandara terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, dan keberadaan CSM menjadi salah satu langkah nyata dalam upaya tersebut. CSM tidak hanya menjadi petugas di stasiun, tetapi juga menjadi mitra yang membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang menyenangkan dan bermakna bagi pelanggan KA Bandara," pungkas Ayep.
Editor : Jafar Sembiring
Artikel Terkait