MEDAN, iNewsMedan.id- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara mencatat tingginya minat masyarakat terhadap layanan transportasi kereta api untuk mudik Lebaran 1446 H/2025. Selama periode Angkutan Lebaran yang berlangsung selama 22 hari, mulai 21 Maret hingga 11 April 2025, KAI Sumut menyediakan kapasitas angkut hingga 250.448 tempat duduk. Dari total kapasitas tersebut, sebanyak 161.920 kursi dialokasikan untuk Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ), sementara 88.528 kursi disediakan untuk KA Lokal.
“Hingga 12 Maret 2025 pukul 14.00 WIB, KAI Sumut telah menjual 45.137 tiket KA Jarak Jauh atau 27,8% dari total kapasitas yang disediakan. Sementara itu, penjualan tiket KA Lokal masih rendah karena periode pemesanan baru dibuka H-7 sebelum keberangkatan,” ujar Vice President KAI Divre I Sumut, Sofan Hidayah, Kamis (13/3).
Sofan menjelaskan bahwa puncak pemesanan tiket KA Jarak Jauh sementara ini terjadi pada H-3 hingga H-1 Lebaran atau 28-30 Maret 2025, dengan jumlah pemesanan lebih dari 3.000 tiket per hari. Angka ini diperkirakan akan terus bertambah seiring masih berlangsungnya pemesanan tiket secara online.
“Kami mengimbau masyarakat yang belum mendapatkan tiket untuk mempertimbangkan alternatif jadwal keberangkatan guna meningkatkan peluang memperoleh tiket,” tambah Sofan.
Untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan perjalanan selama Angkutan Lebaran, KAI telah mengambil berbagai langkah strategis, termasuk optimalisasi petugas di seluruh titik layanan, baik di stasiun maupun dalam rangkaian kereta. Selain itu, KAI juga meningkatkan layanan digital guna mempermudah akses informasi serta pemesanan tiket secara real-time.
Sebagai bentuk peningkatan pelayanan, KAI telah menempatkan lima petugas Customer Service Mobile (CSM) di Stasiun Medan dan Stasiun Kisaran. Tim ini bertugas memberikan informasi kepada pelanggan, membantu proses boarding, serta menangani berbagai kebutuhan pelanggan secara langsung di lapangan.
Dalam upaya mendukung keberlanjutan lingkungan, KAI terus memperluas penyediaan fasilitas water station di berbagai stasiun guna mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai. Tahun ini, fasilitas tersebut telah tersedia di Stasiun Medan dan Stasiun Tebing Tinggi, dan dapat dimanfaatkan masyarakat secara gratis.
“KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan guna menghadirkan pengalaman mudik yang lebih aman, nyaman, dan berkelanjutan bagi seluruh pelanggan. Dengan berbagai inisiatif yang telah kami terapkan, kami optimis bahwa Angkutan Lebaran tahun ini dapat berjalan lancar dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan kereta api,” tutup Sofan.
Editor : Ismail
Artikel Terkait