Mpox Merebak di Australia, Ketahui Gejala dan Cara Mencegahnya

Jafar
Mpox Merebak di Australia, Ketahui Gejala dan Cara Mencegahnya. Foto: Istimewa

MEDAN, iNewsMedan.id - Kasus cacar monyet (mpox) mengalami peningkatan sebesar 570 persen di Australia sejak Juli 2024. Hal itu dilaporkan oleh departemen kesehatan setempat pada 27 September 2024.

Meskipun di Indonesia jumlah kasus terkonfirmasi masih 88 berdasarkan data dari Kemenkes, situasi terkini di Australia mendapat perhatian khusus dari dr. Jimi Wihono, seorang praktisi kesehatan di Klinik Hidup Baru, Kota Medan.

Kasus mpox di Australia dalam periode Juli-September, tercatat ada 616 kasus baru, yang merupakan rekor tertinggi dalam satu triwulan di Australia. Dengan penambahan ini, total kasus mpox sepanjang tahun 2024 hingga September mencapai 724.

Dua negara bagian terpadat, yakni Victoria dan New South Wales, menjadi penyumbang utama lonjakan kasus tersebut. Sebagai perbandingan, sepanjang Januari-September 2023 lalu, hanya 26 kasus mpox yang terkonfirmasi.

Pada Agustus, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah mpox di Afrika sebagai keadaan darurat kesehatan global yang memerlukan perhatian serius.

WHO juga telah mengesahkan penggunaan vaksin MVA-BN yang diproduksi oleh perusahaan Denmark, Bavarian Nordic, sebagai vaksin pertama untuk mpox pada bulan September.

Mpox merupakan penyakit langka yang bisa menyebar antar manusia. Meskipun umumnya tergolong ringan dan kebanyakan orang sembuh dalam beberapa minggu, pada sebagian kasus bisa timbul komplikasi serius. 

Pendapat Praktisi Kesehatan di Medan 

Walau hingga saat ini sudah ada 88 kasus terkonfirmasi mpox di Indonesia, langkah-langkah pencegahan terhadap penyebaran penyakit ini tetap menjadi tanggung jawab bersama antara masyarakat, tenaga medis, dan pemerintah. Hal tersebut ditegaskan oleh dr Jimi Wihono, seorang praktisi kesehatan di Klinik Hidup Baru yang berlokasi di Jalan Gaharu, Medan.

Menurut situs resmi WHO, gejala umum mpox meliputi ruam yang dapat berlangsung selama 2 hingga 4 minggu. Ruam ini sering muncul bersamaan dengan gejala lain seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, nyeri punggung, lemah, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network