Perhatikan! Ini 6 Jenis Batuk yang Bisa Jadi Gejala Penyakit Jantung

Asthesia Dhea Cantika
Batuk tanda gejala jantung (Foto: Urgentcare MDS)

iNewsMedan.id - Ini 6 jenis batuk yang bisa jadi gejala penyakit jantung yang jarang disadari. Batuk adalah kondisi tubuh yang melibatkan refleks tidak disengaja saat tubuh mencoba untuk menghilangkan iritasi. Batuk juga bisa menjadi gejala penyakit atau karena penyumbatan di jalan napas.

Karena termasuk kondisi yang umum dialami, batuk kerap kali diremehkan dan dianggap sepele sebab dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan intensif. Namun, perlu diperhatikan, terdapat beberapa jenis batuk yang ternyata bisa menjadi tanda suatu penyakit berbahaya, salah satunya penyakit jantung.

Lantas, apa saja jenis batuk yang bisa jadi gejala penyakit jantung? Untuk mengetahui, simak ulasan okezone berikut ini.

6 Jenis Batuk yang Bisa Jadi Gejala Penyakit Jantung

Melansir dari BestLife, menurut Eva Shelton, MD, seorang dokter penyakit dalam di Brigham and Women's Hospital ketika gagal jantung sisi kiri terjadi, darah dan cairan yang dikandung jantung akan kembali ke paru-paru dan mengakibatkan sesak napas dan batuk.

1. Jenis batuk basah

Ketika darah kembali ke paru-paru disebabkan oleh gagal jantung, cairan yang bocor menurut Shelton, membuat paru-paru terasa seperti tenggelam. Lantaran ingin mengeluarkan air dan mengalami iritasi, respon alaminya adalah batuk. Umumnya batuk ini terdengar 'basah' seperti ada air dengan disertai dahak.

2. Jenis batuk kering

Selain batuk basah, batuk kering dan mengi juga bisa menjadi gejala yang mengindikasikan penyakit jantung. Shelton menyebut jika kondisi ini dikenal sebagai asma jantung.

3. Batuk disertai lendir merah muda

Menurut American Heart Association, jika batuk menghasilkan lendir berdarah atau merah muda yang bisa menjadi gejala gagal jantung. Kondisi ini terjadi ketika jantung tidak dapat mengikuti suplai darah, yang kemudian mencadangkan di pembuluh yang mentransfer darah dari paru-paru ke jantung.

4. Batuk yang mengganggu tidur

Ketika paru-paru dipengaruhi oleh penumpukan cairan dan batuk yang dihasilkan dapat mengganggu di malam hari, ini mungkin paroxysmal nocturnal dyspnea (PND). PND ditandai dengan terbangun saat tidur dengan sesak napas yang parah, terengah-engah, batuk, dan merasa perlu untuk duduk, berdiri, dan/atau membuka jendela untuk menghirup udara yang dapat membantu memperbaiki pernapasan selama beberapa menit.

5. Jenis batuk yang tahan lama

Seiring waktu jika mengalami batuk secara terus-menerus dan tahan lama dengan gejala tidak membaik dengan pengobatan yang tepat bisa jadi indikasi gagal jantung. Batuk jangka panjang bisa disebabkan asma atau penyakit paru obstruktif kronis yang menyebabkan peradangan di paru-paru yang dapat diobati. Namun, jika batuk terus-menerus berlanjut bahkan setelah perawatan untuk masalah ini, penyakit jantung mungkin menjadi penyebabnya.

6. Adanya perasaan "bergelembung" di dada

Penumpukan cairan yang sama yang menyebabkan batuk juga dapat menyebabkan perasaan yang mirip dengan retak, gemericik, atau seolah-olah gelembung akan pecah. Shelton merekomendasikan jika mengalami kondisi ini atau gejala penyakit jantung lainnya untuk konsultasi dengan dokter untuk mengevaluasi, dan mungkin mengobati kondisinya.

Demikian 6 jenis batuk yang bisa jadi gejala penyakit jantung yang tak banyak orang tahu.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network