Pj Gubernur Sumut Puji TNI: Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif

Jafar
Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni, menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-79 TNI di Lapangan Astaka Dispora Sumut. Foto: Istimewa

DELISERDANG, iNewsMedan.id - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni menyebut TNI semakin responsif intergratif, modern dan adaptif.

Hal ini disampaikan Agus Fatoni dalam Upacara Peringatan HUT ke-79 TNI di Lapangan Astaka Dispora Sumut, Deliserdang, Sumut, Sabtu (5/10/2024).

"Sesuai dengan tema tahun ini, TNI semakin responsif, intergratif, modern dan adaptif, apalagi tantangan yang kita hadapi saat ini semakin besar, kita perlu mendukung penuh TNI kita untuk lebih maju," kata Fatoni.

Menurutnya, saat ini TNI telah menjalankan tugas-tugasnya dalam melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan sangat baik. Dirinya berharap kedepannta TNI akan semakin maju dan terus menjawab seluruh tantangan yang ada.

Selain itu, Fatoni juga berharap TNI semakin memperkuat sinergitasnya dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), khususnya di Sumut. Ini menjadi syarat untuk membangun Sumut yang lebih baik ke depannya.

"TNI, Polri, Kejaksaan dan unsur Forkopimda lainnya harus bersatu, bersinergi dengan baik untuk membangun Sumut, dan itu sudah tercipta selama ini, kita perlu terus menjaga itu," ucap Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Danlantamal I Belawan Brigjen TNI (Mars) Jasiman Purba saat membacakan amanat Panglima TNI mengatakan perkembangan politik, ekonomi, teknologi semakin kompleks. Hal ini tentunya menciptakan spektrum baru dalam peperangan yang harus disikapi TNI.

"Ini harus menjadi dasar menyiapkan kapabilitas TNI dari waktu ke waktu, dan untuk itu TNI harus isi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang inovatif dalam membangun institusi yang modern," kata Purba.

Peringatan HUT ke-79 TNI kali ini ditutup dengan berbagai atraksi  dari TNI seperti bela diri, barongsai, parade alat utama sistem senjata (Alutsista) dan penampilan lainnya. Peringatan ke-79 TNI di Sumut nantinya juga akan dimeriahkan dengan konser band dan artis ibu kota serta lokal di Astaka Dispora Sumut.

Hadir pada upacara ini, di antaranya Pangdam I/BB M Hasan Hasibuan, Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Hermawan dan unsur Forkopimda lainnya. Hadir juga OPD terkait Pemprov Sumut, keluarga besar veteran Sumut, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network