Saudia Airlines Buka Rute Baru, Kualanamu-Jeddah Semakin Dekat

Jafar
Saudia Airlines Buka Rute Baru, Kualanamu-Jeddah Semakin Dekat. (Foto: Dok PT Angkasa Pura Aviasi)

DELISERDANG, iNewsMedan.id - Maskapai penerbangan Saudia Airlines resmi membuka rute langsung Jeddah-Medan pada Sabtu (31/08/2024). Penerbangan perdana Saudia Airlines SV 876 dengan pesawat Boeing 777 mendarat mulus di Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), pukul 06.13 WIB.

Kehadiran Saudia Airlines di Medan disambut antusias oleh PT Angkasa Pura Aviasi selaku pengelola bandara. Acara penyambutan digelar di ruang tunggu keberangkatan internasional gate 2. Hal ini turut dihadiri President Director of PT Angkasa Pura Aviasi, Achmad Rifai.

"Kami sangat menyambut baik kehadiran kembali Saudia Airlines di Bandara Kualanamu. Dengan adanya rute baru ini, semakin banyak pilihan bagi masyarakat Sumatera Utara, khususnya para jamaah umrah untuk melakukan perjalanan ke Tanah Suci," ujar Achmad Rifai.

"Maskapai Saudia Airline SV 877 akan terbang kembali dari Kualanamu menuju Jeddah dengan membawa 334 orang penumpang pada hari ini," jelas Achmad Rifai. 

Kualanamu Makin Ramai 

Dengan bertambahnya Saudia Airlines, kini terdapat tiga maskapai yang melayani rute langsung antara Medan dengan Jeddah dan Madinah, yaitu Lion Air, Citilink, dan Saudia Airlines. Hal ini menunjukkan semakin meningkatnya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan ke Arab Saudi.

"Kami terus berupaya untuk meningkatkan konektivitas Bandara Kualanamu dengan berbagai destinasi baik domestik maupun internasional. Kehadiran Saudia Airlines ini tentunya akan semakin memperkuat posisi Kualanamu sebagai hub penerbangan di Sumatera Utara," ungkap Achmad Rifai. 

Fasilitas Lengkap untuk Kenyamanan Penumpang 

Selain penambahan rute penerbangan, Bandara Kualanamu juga terus meningkatkan fasilitas dan layanan untuk memberikan kenyamanan bagi para penumpang. Saat ini, tersedia berbagai pilihan lounge seperti Saphire Lounge, Saphire Lounge Umrah, dan Anara Sky Lounge. Dalam waktu dekat, akan hadir juga Plaza Primer Lounge yang akan semakin melengkapi kebutuhan penumpang.

Untuk memberikan pelayanan yang lebih prima, Bandara Kualanamu juga telah menyediakan layanan Concierge Express yang memudahkan penumpang dalam proses check-in dan penanganan bagasi. 

Data Penerbangan Terbaru 

Berdasarkan data penerbangan per 31 Agustus 2024, Bandara Kualanamu melayani 16 rute domestik dengan frekuensi 355 penerbangan per minggu. Sedangkan untuk rute internasional, terdapat 5 rute dengan frekuensi 179 penerbangan per minggu. Rute domestik favorit adalah Jakarta (CGK) dan Batam (BTH), sementara untuk rute internasional favorit adalah Penang (PEN) dan Kuala Lumpur (KUL).

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network