MEDAN, iNewsMedan.id - Sebagai bentuk dukungan dan mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh dinamika industri ritel di Indonesia, Ninja Xpress sebagai perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia berkomitmen untuk menjadi mitra logistik yang terpercaya.
Fokus utama pada efisiensi operasional untuk mendukung solusi komersil, Ninja Xpress menawarkan ekosistem logistik terintegrasi yang komprehensif, dari hulu hingga hilir yang membantu perusahaan menjaga kelancaran operasional bisnis mereka.
Kementerian Perdagangan menilai prospek bisnis ritel modern saat ini masih sangat menjanjikan.
"Prospek bisnis ritel modern tahun ini secara umum masih menunjukan tren yang positif," ujar Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Suhanto, di Jakarta, Jumat (30/8/2024).
Chief Marketing Officer Ninja Xpress, Andi Djoewarsa, mengatakan perkembangan bisnis ritel dapat terlihat dari perkembangan pertumbuhan konsumsi barang yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Hal itu sejalan dengan Suara UKM Negeri Vol III, di mana barang yang paling banyak dibeli oleh pembeli online atau e-shopaholics adalah Food and Beverages.
"Melihat salah satu kebutuhan dalam mendukung operasional bisnis ritel yang terletak pada efisiensi pengiriman logistik, Ninja Xpress dengan fokus utama pada efisiensi operasional mendukung solusi komersial menawarkan ekosistem logistik terintegrasi yang komprehensif, dari hulu hingga hilir, membantu perusahaan menjaga kelancaran operasional bisnis mereka," ujar Andi Djoewarsa.
Meskipun memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan, tambah Andi Djoewarsa, sektor ini masih menghadapi berbagai tantangan.
"Salah satu tantangan utama yang dihadapi perusahaan ritel adalah memastikan ketersediaan stok di toko sekaligus menghindari penumpukan stok di gudang," jelas Andi Djoewarsa.
Studi yang dilakukan oleh Harvard Business Review menunjukkan bahwa perusahaan ritel dapat kehilangan hampir setengah dari penjualan yang diharapkan ketika konsumen menghadapi situasi kehabisan stok.
Mengingat kebutuhan dan tantangan tersebut, Ninja Xpress hadir sebagai mitra logistik terpercaya melalui layanan Ninja B2BR (Business-to-Business-Restock), dengan tagline “Antaran Praktis dan Ekonomis” yang bertujuan untuk mengoptimalkan proses pengiriman operasional bagi bisnis ritel.
Dalam hal ini penyebutan antaran praktis didukung oleh kelebihan Ninja Xpress yaitu:
1.Pengantaran Multi-Parcel hanya dengan satu airwaybill
2.Proses Multi-drop yaitu pick up dan pengiriman ke banyak titik dalam satu kali pengantaran
3.Teknologi Polygon Routing yang membantu memperkirakan waktu pengiriman sesuai SLA yang telah ditentukan, sehingga dapat menjaga kualitas produk
Selain itu, antaran ekonomis juga memiliki kelebihan pada pengiriman Ninja Xpress, yaitu:
1.Customized handling sesuai kebutuhan ritel seperti pengembalian Delivery Order (DO) atau Bukti Kirim Barang yang tidak dipungut biaya tambahan.
2.Hub and spoke, dimana ekosistem logistik Ninja Xpress memungkinkan ritel mempersingkat beberapa step pengiriman per poin, sehingga biaya menjadi lebih murah.
“Ninja Xpress berkomitmen untuk menghadirkan solusi logistik yang inovatif dan disesuaikan dengan kebutuhan klien kami. Agar dapat membantu mereka mengatasi tantangan dalam manajemen stok dan distribusi barang. Pada akhirnya dapat memberikan solusi komersil bagi bisnis klien kami," ujar VP of Corporate Sales Ninja Xpress, Rifani Budi.
Salah satu contoh sukses dari layanan B2BR Ninja Xpress adalah kolaborasinya dengan Kopi Kenangan dalam pengiriman “Cerita Roti.”
Tantangan dalam pengiriman roti, seperti menjaga kesegaran dan kualitas produk termasuk juga tantangan penjemputan dan pengiriman barang, dapat teratasi dengan Layanan Ninja B2BR.
“Kemitraan kami dengan Ninja Xpress telah menjadi game-changer bagi operasional logistik kami. Dengan pendekatan just-in-time mereka, kami telah melihat transformasi yang luar biasa dalam operasional kami. Sebelumnya jam pick up kami adalah di jam 6 pagi di mana pengantaran roti ke outlet dilakukan pada siang menuju sore hari. Dengan menggunakan Ninja Xpress penjemputan dilakukan pada malam hari saat roti baru jadi, dan pengiriman dilakukan paling lambat jam 12 siang. Dalam hal ini kami dapat memaksimalkan penjualan. Selain itu customized solution seperti pengembalian tray setelah roti diantarkan juga dapat membantu kami menjaga biaya operasional pengiriman kami," ujar Supply Chain Senior Manager Kopi Kenangan, Welderson Napitupulu.
Dalam kerja sama dengan Kopi Kenangan, Ninja Xpress memastikan bahwa roti diantarkan mulai pukul 6 pagi setiap hari ke 188 gerai Kopi Kenangan di Jabodetabek dalam waktu 4-6 jam dan saat ini berhasil mencapai Service Level Agreement (SLA) hingga 95%.
Rendahnya Damage rate atau kerusakan yang timbul dalam pengiriman food category membuktikan bahwa Ninja Xpress terus menjaga kualitas pengiriman. Pada akhirnya, kerja sama ini membantu Kopi Kenangan mempertahankan kesegaran produk dan opportunity bisnis.
Selain logistik terintegrasi yakni Ninja B2BR, Ninja Xpress juga menawarkan berbagai solusi, termasuk Ninja Fulfillment, untuk mendukung layanan pergudangan, meminimalkan biaya penyimpanan inventaris, dan menyediakan tenaga profesional untuk manajemen gudang.
Editor : Odi Siregar
Artikel Terkait